Main Menu

Kemensos dan BPJS Lakukan Sinergi Pengelolaan Data Peserta PBI JK

Annisa Setya Hutami
02-05-2018 16:08

Menteri Sosial RI, Idrus Marham. (GATRA/Anthony J/RT)

Jakarta, Gatra.com- Menteri Sosial RI, Idrus Marham melakukan kunjungan ke Kantor Pusat BPJS Kesehatan pada Rabu (2/4) memantau peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI). Saat mengamati, Idrus melihat seluruh sistem telah terprogram ke dalam ICT. Sinergi perlu dilakukan guna pencapaian target dan perbaikan.

" Ketika bicara BPJS, saling terkait dengan yang lain. Kalau seandainya ada masalah pada BPJS maka juga menjadi masalah bagi kementerian sosial," katanya.

Sejak 2015, Kementerian Sosial telah melakukan survei melalui Bank Data Terpadu (BDT). Menurutnya hasil tersebut akan membantu BPJS Kesehatan guna mengetahui jumlah fakir miskin yang perlu mendapatkan layanan kesehatan.

" Sesuai dengan peraturan yang berlaku, ada beberapa hal yang diverifikasi dan divalidasi Kemensos setiap waktu. Misalnya, penghapusan peserta PBI yang sudah menjadi Pekerja Penerima Upah (PPU), meninggal dunia, atau memiliki NIK ganda," ucap Idrus.

Proses tersebut dimulai dari BPJS Kesehatan yang melaporkan hasil update data setiap bulan kepada Kemenkes dengan tembusan Kemensos. Selain itu, terdapat koordinasi lintas Kementerian. Menteri Sosial menuturkan masih dibutuhkan pembenahan data sedikit.

" Ada satu hal yang perlu diharmonisassikan yaitu masalah data, ada yg perlu kita cocokan. Agar dapat berjalan dengan baik dan dapat diatasi," ujarnya.


Reporter: Annisa Setya Hutami (ASH)

Annisa Setya Hutami
02-05-2018 16:08