Main Menu

Fachmi Idris: Jumlah Penduduk Yang Sakit Terus Meningkat

Aries Kelana
19-09-2018 21:03

Dirut BPJS Kesehatan Fachmi Idris. ( ANTARA/Hafidz Mubarak A/awy)

Jakarta, Gatra.com -- Banyak penyebab terjadinya defisit Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus meningkat. Salah satunya, menurut Fachmi Idris, Direktur Utama BPJS Kesehatan adalah jumlah penduduk yang sakit terus meningkat dari waktu ke waktu.

 

"Hal ini terjadi karena belum optimalnya upaya pembangunan kesehatan masyarakat," ujarnya beberapa saat setelah pertemuan dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) beberapa waktu dalam rilisnya yang diterima Gatra.com.

Misalnya, sampai dengan Agustus 2018, pengeluaran BPJS Kesehatan untuk membiayai penyakit katastropik mencapai Rp12 triliun atau sekitar 21,07% dari total biaya pelayanan kesehatan. Padahal berbagai penyakit katastropik tersebut sangat bisa dicegah melalui penerapan pola hidup sehat.

“Oleh karena itu, BPJS Kesehatan juga fokus untuk menjaga masyarakat yang sehat tetap sehat melalui berbagai program promotif preventif yang dilaksanakan.

"Sementara bagi masyarakat yang berisiko menderita penyakit katastropik seperti diabetes melitus dan hipertensi, dapat mengelola risiko tersebut melalui Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) yang juga merupakan bagian dari upaya promotif preventif,” ujar Fachmi.


Aries Kelana

Aries Kelana
19-09-2018 21:03