Main Menu

Dinkes Buka Posko Mudik BPJS di Pelabuhan Penyeberangan

Nur Hidayat
02-08-2014 17:08

Jakarta, GATRAnews - Telah menjadi suatu tradisi dan budaya setiap tahunnya bagi umat muslim dalam menyambut hari raya Idul Fitri dengan melakukan perjalanan pulang kampung atau mudik Lebaran.

 

BPJS kesehatan melihat hal tersebut sebagai suatu hal yang sangat penting dalam mewujudkan pengabdian dan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan social budaya dan agama. Hal tersebut diwujudkan sebagai salah satu bentuk kepedulian berupa pendirian Posko Kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat umum di tiga pelabuhan penyebrangan.

 

Tiga pelabuhan penyebrangan tersebut diantaranya, Pelabuhan Penyebrangan Kapal Ferry-Merak, Banten yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Banten dan kantor kesehatan pelabuhan kelas II Banten, Pelabuhan Gilimanuk, Bali yag bekerja sama dengan PT. ASDP Gilimanuk, dan Pelabuhan Soekarno Hatta, Makasar yang bekerja sama dengan PT. Pelabuhan Indonesia, Kantor Kesehatan Pelabuhan Soekarno Hatta dan puskesma terdekat.

 

Posko ini di tunjukan bagi pemudik yang membutuhkan konsultasi kesehatan, fasilitas rileksasi/istirahat, pemeriksaan kesehatan sederhana, obat-obatan, tindakan sederhana yang bersifat emergency, dan pemberian rujukan bilamana sangat diperlukan serta sosialisasi kepada masyarakat.

 

Semua pelayanan yang diberikan di posko ini gratis atau tidak dipungut biaya. Posko Peduli Mudik Lebaran akan dilakukan di 3pelabuhan mulai 25 Juli 2014 s/d 2 Agustus 2014.

 

“Kami memilih posko di Pelabuhan karena pelabuhan masih perlu perhatian. Lokasi seperti di stasiun kereta api atau di titik-titik jalan raya, sudah banyak perusahaan yang mendirikan posko kesehatan,” ujar Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan, Taufik Hidayat.

 

Posko Kesehatan Mudik Lebaran beroperasi mulai jam 08.00 sampai 21.00 waktu setempat, dimana didalamnya terdapat 2 tim yang bertugas secara bergantian, terdiri dari 1 (satu) orang coordinator dari BPJS Kesehatan. Setiap Shift ada satu dokter,dua paramedic, dan dibantu dua petugas jaga Poskodari BPJS Kesehatan. 


Editor: Nur Hidayat

 

Nur Hidayat
02-08-2014 17:08