Main Menu

Pikun Merupakan Penyakit Diabetes Otak

Rohmat Haryadi
11-11-2016 17:24

Ilustrasi Alzeimer (youtube)

Jakarta, GATRANews - Para peneliti di Tohoku University, Jepang telah menemukan pengobatan yang menjanjikan untuk penyakit Alzheimer (pikun menahun), dengan memperhatikan kesamaan dalam cara sinyal insulin yang bekerja di otak, dan di pankreas pada pasien diabetes. "Dalam pankreas, mutasi gen Kir6.2 memblokade sinyal untuk meningkatkan insulin, dan sinyal insulin menurunkan kadar glukosa darah," kata Dr Shigeki Moriguchi. "Di otak, sinyal insulin meningkatkan perolehan memori melalui CaM kinase aktivasi II, diblokade Kir6.2," katanya pada Sciencedaily, 9 November.


Kelompok Penelitian yang dipimpin Moriguchi, dan Kohji Fukunaga, profesor di Graduate School of Pharmaceutical Sciences, sehingga menyimpulkan bahwa penyakit Alzheimer dapat digambarkan sebagai gangguan diabetes otak.

Memantine, obat banyak digunakan untuk mengobati penyakit Alzheimer, adalah inhibitor terkenal dari N-methyl-D-aspartat (NMDA) reseptor yang mencegah penumpukkan glutamat yang berlebihan di otak. Glutamat adalah suatu asam amino yang dijumpai pada makanan yang kaya akan protein. Asam amino adalah senyawa penyusun protein. Glutamat juga diproduksi oleh tubuh dan merupakan senyawa vital dalam fungsi otak.

Para peneliti telah menemukan bahwa memantine menghambat ATP-saluran kalium sensitif (saluran Kir6.2)-- meningkatkan disfungsi sinyal insulin di otak. Dalam percobaan mereka dengan tikus, para peneliti menemukan bahwa pengobatan memantine ditingkatkan gangguan hippocampal jangka panjang dan perilaku yang berhubungan dengan memori pada tikus melalui penghambatan saluran Kir6.2.

Para peneliti sekarang berharap bahwa hasil penelitian mereka dan paralel digambar dengan diabetes, akan mengarah pada pengobatan baru untuk penyakit Alzheimer, menggunakan penghambatan saluran Kir6.2.


Editor: Rohmat Haryadi

Rohmat Haryadi
11-11-2016 17:24