Main Menu

Novartis-Google Kembangkan Lensa Kontak “Pintar”

Aries Kelana
21-11-2016 14:33

Novartis (AFP/Sebastien Bozon/HR02)

Jakarta, GATRANEWS -- Novartis menggandeng Google membuat lensa kontak pintar, yang tidak hanya jago melihat jauh bagi pasien rabun jauh, tetapi juga bisa membantu pasien diabetes mengecek kadar gula darah cukup melalui lensa. Itu diungkapkan Novartis Chief Executive Joe Jimenez yang disiarkan oleh situs reuters.com.


Dengan adanya kerjasama itu, makan terobosan itu juga akan makin melambungkan nama Google.
"Terlalu dini untuk mengatakan kapan uji klinis pada manusia untuk lensa ini akan dimulai," kata seorang juru bicara untuk produsen obat yang berbasis di Basel, Swiss dalam emailnya kepada Reuters (18/11/2016).

Pada tahun ini, Alcon, anak perusahaan Novartis telah memulai ujicoba produk tersebut. Usaha ini dibentuk oleh dua perusahaan raksa pada 2014. Jimenez berharap produk tersebut bisa dilempar ke pasaran pada 2021. "Ini adalah proses yang sangat teknis yang kompleks dan kedua belah pihak sedang belajar sambilber jalan. Kami akan memberikan update pada waktu yang tepat," katanya.

Teknologi lensa kontak untuk deteksi diabetes terbilang baru. Selama ini, pasien harus menyuntikkan uji jarinya dengan alat suntik diabetes agar bisa diketahui kadar gula daranya secara lebih cepat.



Editor: Aries Kelana

 

 

 

 

 

Aries Kelana
21-11-2016 14:33