Main Menu

Pameran Industri Makanan Akan Digelar Bulan Ini

Aries Kelana
02-03-2017 11:57

Jakarta, GATRANews – Pameran dan konferensi Health ingredients South East Asia (Hi SEA) 2017 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran Jakarta Pusat, pada 22-24 Maret nanti. Hi SEA 2017 merupakan pameran khusus bahan baku untuk pangan dan nutrisi yang melibatkan industri farmasi juga.

Maria Lioe, Event Director, PT UBM Pameran Niaga Indonesia, penyelenggara pameran, mengatakan, pameran ini menjadi sebuah platform terpercaya bagi badan pemerintah, asosiasi perdagangan, lembaga regulator dan industri pangan fungsional dan nutrasetikal khususnya.

“Hi South East Asia diharapkan dapat berkontribusi meningkatkan industri pangan fungsional dan nutrasetikal di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara,” ujarnya dalam jumpa pers di Hotel Atlet Century, Senayan (2/3//2017).

Pameran ini digelar lantaran menurut data Nielsen’s new Global Health and Ingredient-Sentiment Survey yang dilakukan di 63 negara (termasuk Indonesia), 80% konsumen Indonesia menjalani diet khusus yang membatasi mengonsumsi makanan/minuman atau bahan-bahannya yang berbahaya bagi kesehatan.

Sebanyak 89% masyarakat Indonesia juga mengurangi konsumsi makanan/minumuman yang tinggi lemak, gula dan karbohidrat.

Selanjutnya, hampir dua pertiga konsumen (64%) mengatakan mereka bersedia membayar lebih untuk makanan atau minuman yang tidak mengandung bahan-bahan yang tidak diinginkan.

Head of Nutrifood Research Center, Susana mengatakan, pola hidup masyarakat modern yang semakin sadar akan pentingnya menjalankan pola hidup sehat, membuat kebutuhan akan bahan pangan yang praktis dan bisa memberi manfaat untuk kesehatan semakin meningkat.

Ini membuat perusahaan yang bergerak di industri produk makanan dan minuman kesehatan terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin menerapkan pola hidup sehat. “Salah satunya dengan mengembangkan produk untuk konsumen yang menderita penyakit diabetes melitus dan untuk konsumen yang ingin tubuhnya tetap ramping,” ujarnya.

Salah satu bahan baku untuk produk makanan sehat yang tengah menjadi tren akhir – akhir ini adalah daun stevia. Daun stevia merupakan salah satu contoh bahan baku pangan fungsional yang dapat dikembangkan dan dioptimalkan di Indonesia.


“Dengan potensi yang besar sebagai bahan pemanis alami, stevia layak dijadikan sebagai komoditas unggulan dalam pengembangan agribisnis dan agroindustri di Indonesia sehingga dapat memenuhi kebutuhan industri gula rendah kalori di Indonesia,” sambung Susana.


Editor: Aries Kelana

 

 

 

 

Aries Kelana
02-03-2017 11:57