Main Menu

Polusi Suara Lapangan Udara Memicu Kencing Manis

Rohmat Haryadi
03-04-2017 05:35

Pesawat take off di atas pemukiman (Mark Large)Jakarta GATRAnews -- Studi baru menemukan bahwa orang-orang yang hidup di bawah jalur penerbangan bandara 86 persen lebih mungkin untuk memiliki diabetes tipe 2 dibandingkan orang yang tinggal di daerah yang lebih tenang. Temuan itu membuat para ilmuwan menyalahkan polusi suara daripada polusi udara. Dailymail melaporkan, 1 April 2017.


Para ilmuwan percaya bahwa suara dari pesawat memiliki efek buruk pada metabolisme tubuh, yang menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Para peneliti menduga perubahan tersebut terkait dengan tidur gangguan, dan mengatakan orang dapat mengurangi tingkat kebisingan yang berbahaya hanya dengan menutup jendela mereka di malam hari.

Menurut Komisi Eropa, lebih dari 700.000 orang saat ini terpengaruh oleh suara pesawat dari Bandara Heathrow, London. Para ilmuwan mengatakan bahwa, meskipun penerbangan paling banyak terjadi pada hari itu, mungkin efek gangguan waktu tidur mengangkat tingkat stres.

Diabetes tipe 2 - yang dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, amputas, dan kebutaan - mempengaruhi lebih dari tiga juta orang di Inggris. Penyakit ini menggerus duit Layanan Kesehatan Nasional (NHS) £ 2,2 juta (Rp 34 milyar) setiap hari untuk resep - dan temuan baru ini bisa memiliki implikasi kesehatan utama bagi jutaan orang di Inggris.

Penelitian dilakukan tim ilmuwan Swiss Tropical and Public Health Institute di Basel, yang mempelajari lebih dari 2.600 orang dewasa dalam upaya untuk membangun efek dari kebisingan dan polusi udara. Mereka mengungkapkan temuan mereka dalam International Journal of Epidemiology.

Dr Mayanak Patel, dari Diabetes Research and Wellness Foundation, mengatakan penelitian ini dengan ‘mekanisme yang masuk akal’ untuk menghubungkan kebisingan dan diabetes. Tentunya perlu diteliti juga dampak kebisingan kereta api dan jalan raya.


Editor: Rohmat Haryadi

Rohmat Haryadi
03-04-2017 05:35