Main Menu

Riset Terbaru Beri Harapan Pasien Diabetes Tipe 1

Aries Kelana
09-06-2018 23:15

Ilutrasi. (shutterstock/RT)

Exeter, Gatra.com  -- Selama ini produksi hormon insulin terus berkurang pada penderita diabetes tipe 1. Tapi penelitian terbaru justru menunjukkan bahwa penurunan cepat dalam produksi insulin hanya berlangsung selama 7 tahun. Setelah itu, produksi insulin kembali stabil.



Riset yang diterbitkan dalam Diabetes Care,dilakukan pada 1.549 orang dengan diabetes tipe 1 dari Exeter, Inggris dan Tayside, Skotlandia dalam studi UNITED. Kemudian peneliti mengukur C-peptide. C-peptide adalah protein yang diproduksi pada saat yang sama dan dalam jumlah yang sama dengan insulin yang mengatur gula darah kita.

Dengan mengukur tingkat C-peptida dalam darah atau dalam urin, para ilmuwan dapat mengetahui berapa banyak insulin yang diproduksi seseorang, bahkan jika mereka menggunakan suntikan insulin sebagai pengobatan. Tim mempelajari 1.549 orang dengan diabetes tipe 1 dari Exeter, Inggris dan Tayside, Skotlandia dalam studi UNITED.

Dr Beverley Shields, di Universitas Exeter Medical School, ketua tim peneliti, mengatakan bahwa temuan ini sangat menarik. Ini menunjukkan bahwa seseorang dengan diabetes tipe 1 akan tetap memiliki sel beta setelah 7 tahun terdiagnosis.

“Kami tidak yakin mengapa hal ini terjadi. Mungkin ada sekelompok kecil sel beta "tahan banting" yang kebal terhadap serangan kekebalan dan ini dibiarkan setelah semua sel beta "rawan" dihancurkan,” ujar Shields seperti dikutip situs sciencedaily.com (8/6/2018). Ini dapat membuka jalur baru untuk pengobatan diabetes tipe 1.

Penemuan ini merupakan langkah maju yang besar dalam memahami diabetes tipe 1 dan bertentangan dengan keyakinan sebelumnya bahwa insulin yang diproduksi oleh orang dengan kondisi ini menurun terus menerus seiring berjalannya waktu.

Diabetes tipe 1 merupakan penyakit yang susah disembuhkan. Mereka menggantungkan hidupnya pada insulin yang disuntikan. Sebanyak 400.000 orang di Inggris terkena penyakit ini. Diabetes umumnya dimulai pada masa kanak-kanak tetapi dapat berkembang pada usia berapa pun, dan menyebabkan sistem kekebalan tubuh sendiri menyerang dan menghancurkan sel-sel yang memproduksi insulin di pankreas, membuat pasien bergantung pada suntikan insulin seumur hidup.


Editor: Aries Kelana

 

 

 

Aries Kelana
09-06-2018 23:15