Main Menu

Kacang Menekan Risiko Kematian Dini

Dani Hamdani
24-06-2015 17:21

Kacang Tanah (Dok Majalah GATRA)Jakarta, GATRAnews - Anda ingin punya harapan hidup lebih lama? Jika ya, coba ikuti saran Profesor Piet van den Brandt, peneliti pada Universitas Maastricht, Belanda. Melalui studi yang dimuat International Journal of Epidemiology bulan ini, ia menyarankan agar makan kacang-kacang delapan genggam tangan sehari.

 

Dalam studi yang berlangsung selama 10 tahun, frekuensi makan kacang itu bisa menurunkan risiko kematian dini sebanyak 23%. Satu genggam setara dengan 10 gram kacang. 


Brandt meneliti 120 warga Belanda berumur 55-69 tahun. Dari mereka, dicatat kebiasaan diet dan gaya hidupnya pada 1986. Peneliti kemudian mengecek ulang 10 tahun berselang.

 

Ternyata banyak yang meninggal dunia akibat kanker, diabetes, gangguan pernapasan, dan neurodegeneratif. Peneliti juga mencatat jenis makanan, seperti kacang-kacangan, yang bisa memperpanjang usia harapan hidup. Kacang-kacangan mengandung serat, antioksidan, senyawa bio-aktid, dan asam lemak MUFA serta PUFA yang positif bagi kesehatan. 

 

Walhasil, orang yang mengonsumsi bisa menurunkan risiko terkena penyakit neurodegeneratif sebesar 45%, penyakit pernapasan sebesar 39%, dan diabetes (30%). Dengan penurunan risiko tiga jenis penyakit tersebut, Brandt menyimpulkan risiko kematian dini juga dapat dikurangi hingga 23%. 


Penulis: Aries Kelana

Rubrik Kronika, Majalah GATRA, nomor 33 tahun ke XXI, beredar Kamis 18 Juni 2015

 

Dani Hamdani
24-06-2015 17:21