Main Menu

IPMG: Cek Obat Asli atau Palsu di Situs Ini stopobatpalsu.com

didi
20-01-2015 19:27

poster stop obat palsu (dok stopobatpalsu.com)Jakarta, GATRAnews - International Pharmaceutical Manufacturers Group (IPMG) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai peredaran obat-obatan palsu yang masih marak di Indonesia. Pasalnya selama 2014, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) telah menyita obat ilegal dengan total nilai mencapai Rp 24 milyar dan pelanggaran mencapai 583 kasus.

 

"Peredaran obat palsu ini harus disikapi serius. Karena, semakin laku sebuah jenis obat, biasanya makin banyak dipalsukan. Bahkan, yang memalsukannya ada di dalam negeri dengan teknologi yang sudah canggih," kata Ketua Komite Eksekutif IPMG Luthfi Mardiansyah di Jakarta, Selasa (20/1).

 

Menurutnya, IPMG sangat proaktif dalam upaya pemberantasan obat palsu. Karena tidak hanya berdampak buruk bagi industri farmasi, peredaran obat palsu ini juga bisa mengancam kesehatan. "Supaya tidak menjadi korbannya, sebaiknya memang hanya membeli obat di apotek resmi dengan resep dokter," ujar Luthfi.

 

Organisasi nirlaba yang beranggotakan 24 perusahaan farmasi ini telah berkoordinasi dengan BPOM dalam program edukasi publik tentang obat palsu. IPMG pun aktif bekerja sama dengan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dalam memberikan pendidikan kepada apoteker tentang obat palsu.

 

"Kami juga sudah membuat situs www.stopobatpalsu.com untuk mengedukasi masyarakat tetang bagaimana cara membedakan obat palsu dengan obat asli," tutur Luthfi.

 


 

 

Reporter: Didi Kurniawan

Editor: Dani Hamdani 

didi
20-01-2015 19:27