Main Menu

Obat Generik untuk Tukang Ojek

Nur Hidayat
27-09-2012 09:30

Obat Generik (GATRA/Niko Fajar Utama)Upaya untuk memasyarakatkan penggunaan obat generik berlogo (OGB) terus digalakkan. Salah satunya oleh PT Dexa Medica. Perusahaan yang memiliki pabrik di Palembang ini mensosialisasikan penggunaan OGB terhadap para tukang ojek yang mangkal di depan pintu tol Bekasi Timur, Bekasi. Sebanyak 300 tukang ojek diberi penyuluhan mengenai manfaat OGB.

Tarcisius T. Randy, head of Marketing and Sales Dexa mengatakan para wartawan, Senin lalu, mereka diberikan pengobatan gratis dan juga rompi. “Kami memberikan penyuluhan apa keuntungan menggunakan OGB,” ujarnya. Mereka umumnya mengetahui bahwa kualitas OGB tidak kalah dengan obat generik bermerk. Selain itu mereka semakin tahu di apotek mana saja mereka bisa mendapatkannya.

Hasilnya pun nyata. Ia mendapat laporan bahwa para tukang ojek kini sudah mulai banyak menggunakan OGB lantaran lebih murah. Juga bisa memberitahu keluarga, tetangga, dan rekan-rekannya bila terkena penyakit. Dexa hingga kini sudah memproduksi 92 OGB dari total sekitar 400-an obat generik yang beredar di pasaran. Tarcisius memperkirakan penggunaan obat generik akan terus meningkat, terutama ketika undang-undang sistem jaminan sosial nasional dilaksanakan pada 2014. Sebab, pada saat itu, semua perusahaan asuransi kesehatan milik pemerintah dan BUMN dilebur menjadi satu yaitu: Badan Pengelola Jaminan Sosial.(ARK)

Nur Hidayat
27-09-2012 09:30