Main Menu

Ribuan Obat Kuat Pria Illegal Disita BP POM Yogya

Dani Hamdani
19-01-2017 20:44

Yogyakarta, GATRAnews - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BP POM) DI Yogyakarta menyita 5.476 obat dan jamu illegal. Sebagian besar adalah obat kuat untuk pria. Kepala BP POM DIY, I Gusti Ayu Ardhi Aryapatni dalam keterangan pada wartawan menjelaskan ribuan obat dan jamu illegal disita dari dua lokasi di Kabupaten Bantul. 

 

“Ada 36 jenis obat dan jamu yang kami sita di Padukuhan Koang, Desa Trimulyo, Kecamatan Jetis dan di depot jamu di Jalan Wonosari Km 4,5 Kecamatan Banguntapan pada Rabu (17/1) malam,” jelas Ayu Kamis (18/1).

 

Dari pemeriksaan yag dilakukan, obat dan jamu yang disita dari satu distributor ini terbukti tidak ijin edar (TIE) dan mengandung bahan kimia obat (BKO) yang bila dikonsumsi berlebihan akan membahayakan tubuh.

 

“Secara keseluruhan total barang yang kami sita senilai Rp 24 juta. Untuk saat ini suplier sudah diamankan dan dikenakan pasal 196 serta 197 UU no 36 tahun 2009 tentang kesehatan dengan ancaman pidana 15 tahu penjara atau denda Rp 1,5 miliar,” lanjutnya.

 

Ayu menambahkan, dari seluruh obat dan jamu yang disita, kebanyakan adalah produk yang ditujukan obat kuat bagi pria. BP POM memastikan bahwa semua produk illegal ini tidak diproduki di Yogyakarta. 

 

Disinggung mengenai tingkat edar jamu dan obat illegal di Yogyakarta, BB POM menyatakan sampai sekarang masih tinggi. Ini terbukti dengan banyaknya laporan dari masyarakat terkait keberadaan obat dan jamu illegal.

 

“Penyitaan yang kami lakukan Rabu malam ini juga merupakan tindak lanjut dari laporan masyarakat dan sudah dilakukan penyelidikan selama satu buan penuh,” pungkasnya.


Reporter: Arif Koes

Editor: Dani Hamdani 

 

Dani Hamdani
19-01-2017 20:44