Main Menu

Awas Resistensi Antibiotik

Flora Librayanti BR K
07-03-2018 22:23

Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia(Dok. pdpersi.co.id/re1)

Jakarta, Gatra.com - Sebagai bentuk dukungan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) terhadap program pemerintah menuju “Indonesia Sehat”, maka mereka menyelenggarakan simposium nasional bertema "More Protection, Less Antimicrobial" yang mengangkat upaya peningkatan kesadaran pencegahan penyakit dan penggunaan antibiotik yang baik dan benar.



Berangkat dari keprihatinan para tenaga medis dan tendensi masyarakat dalam menggunakan antibiotik secara kurang bijak, organisasi yang menaungi Rumah Sakit di seluruh Indonesia tersebut merasa keterlibatan semua pihak begitu penting untuk memastikan akselerasi dan keberhasilan upaya yang mendukung agenda pemerintah ini.

Kurang lebih 800 direksi rumah sakit dan tenaga kesehatan dari seluruh Indonesia, baik yang hadir secara langsung maupun yang mengikuti acara melalui jaringan webinar, ikut berdiskusi para narasumber dengan latar belakang yang berbeda untuk berbagi fakta penting seputar pencegahan penyakit dan penggunaan antibiotik

Simposium ini mengedepankan diskusi terkait resistensi antimikroba yang umumnya disebabkan karena penggunaan antibiotik yang tidak sesuai dapat mengakibatkan beberapa hal. Kedua dampaknya yakni proses readmisi pasien di rumah sakit dan semakin lamanya pengobatan yang dibutuhkan karena makin sulitnya proses penyembuhan. Kedua hal ini tentunya tidak hanya berdampak pada peningkatan biaya penyembuhan namun dapat berakibat buruk bagi kesehatan pasien.

Menurut laporan World Health Organization pada 2017, resistensi antibiotik dapat menyebabkan ancaman serius terhadap dunia kesehatan contohnya pada kasus tuberculosis (TB) yang kebal terhadap pengobatan. Akibatnya, telah terjadi kematian 250.000 orang per tahun di dunia. Hal berbahay lainnya adalah resiko kematian pada pasien saat mereka menjalani prosedur operasi kecil, akibat sudah mengalami resistensi antibiotik.

Untuk menanggulangi permasalahan ini, pemerintah telah melakukan serangkaian upaya melalui Program Pengendalian Resistensi Antimikroba di Rumah Sakit, dan dengan giat melakukan program Gema Cermat (Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat). Upaya ini berangkat dari arahan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dengan fokus pada tindakan promotif-preventif melalui Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Program Pengendalian Resistensi Antimikroba; sehingga upaya-upaya ini mampu mewujudkan Indonesia Sehat.




Editor : Flora L.Y. Barus

Flora Librayanti BR K
07-03-2018 22:23