Main Menu

Salah Paham Makanan Sehat Buat Jantung

Rohmat Haryadi
28-02-2017 05:22

Jus buah (Shutterstock/Anna Kucherova)Jakarta GATRAnews - Sebuah tim dokter telah merilis pedoman baru makanan sehat untuk jantung. Mereka mengatakan banyak studi yang telah dipublikasikan terbukti bertentangan dan bias. Selain itu, banyak ahli jantung yang hanya memiliki sedikit atau tidak ada pelatihan tentang gizi yang baik buat jantung.


Ketika terkait diet jantung sehat, para ahli telah merekomendasikan dari pil antioksidan, jus, hingga diet bebas gluten. Gluten merupakan salah satu jenis protein yang biasanya terkandung di dalam gandum hasil persilangan (Triticale), gandum biasa, dan jelai atau barley. Namun, menurut pedoman baru yang dikeluarkan dokter bedah Amerika, banyak dari klaim itu tidak hanya tidak berdasar, tetapi sangat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Mereka mengatakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung adalah cara kuno: mengonsumsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan protein nabati.

Buah bagus bagi jantung (Shutterstock/Iravgustin)Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di Amerika. Sekitar 610.000 orang meninggal akibat penyakit kardiovaskular setiap tahun - satu dari setiap empat kematian.

Peneliti berharap pedoman baru itu akan membuat ahli jantung untuk belajar tentang makanan sehat untuk jantung, serta mengurangi biaya akibat penyakit jantung pada kesehatan Amerika.

Pedoman makanan jantung sehat baru telah dirilis tim dokter Amerika setelah bertahun-tahun studi yang saling bertentangan, dan kurangnya pengetahuan ahli jantung

Penulis utama Dr Andrew Freeman, direktur pencegahan kardiovaskular dan kesehatan di Jewish Health Nasional di Denver, Colorado, mengatakan ada banyak kesalahan informasi. "Selama beberapa tahun terakhir telah ada bukti dari apa yang bertentangan dengan jantung sehat," katanya kepada Daily Mail Online, 27 Februari 2017.

"Mayoritas konsumen dan mayoritas penyedia layanan kesehatan bingung. Dan ahli jantung sering memiliki pelatihan gizi yang sedikit," tegasnya.

Tim memenuhi daftar master 50 topik dari berbagai penelitian gizi, berniat untuk memotong melalui kebingungan tentang pola diet terbaik untuk mengurangi penyakit jantung. Kajian ini menemukan bahwa bukti saat ini sangat mendukung banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Meskipun lebih kontroversial, beberapa diet jantung sehat juga dapat mencakup jumlah yang sangat terbatas daging tanpa lemak, ikan rendah lemak, produk susu tanpa lemak, dan minyak nabati cair.

Para penulis membahas mengapa bisa ada kebingungan tentang gizi jantung sehat. Menurut Dr Freeman, banyak dari studi ini didanai dan atau dipengaruhi industri makanan, dan karena itu mungkin memiliki beberapa bias. "Ada pengaruh industri seperti industri gula, yang menghasilkan penelitian bias," katanya.


Berikut ini adalah rincian makanan sehat yang Anda mungkin tidak menyadari bisa berakibat buruk pada Anda:

1. TELUR DAN KOLESTEROL

Review menganjurkan konsumsi telur terbatas karena kadar kolesterol tinggi. Meskipun laporan pemerintah yang dikeluarkan pada 2015 menurunkan rekomendasi spesifik tentang batas atas untuk konsumsi kolesterol, review menyimpulkan, "tetap bijaksana untuk menyarankan pasien untuk secara signifikan membatasi asupan kolesterol makanan dalam bentuk telur atau makanan kolesterol tinggi untuk sesedikit mungkin."

Dr Freeman mengatakan, sementara mengonsumsi putih telur lebih dianjurkan daripada makan telur utuh. Dia menyarankan untuk membatasi konsumsi telur sebanyak mungkin.

2. MINYAK NABATI

Minyak nabati memiliki data pendukung yang terbatas dalam penggunaan rutin mereka, sehingga minyak zaitun dianjurkan. Penggunaan minyak kelapa dan minyak sawit memiliki keterbatasan data pendukung untuk penggunaan rutin.

Namun, tim mengatakan minyak zaitun adalah yang paling sehat untuk jantung, selama itu tidak berlebihan, karena lebih tinggi kalori.

Dalam peringatan terakhir, Dr Catherine Shanahan, ahli gizi dan dokter keluarga, menyarankan bahwa penggunaan konsisten dari minyak nabati bisa meningkatkan risiko demensia.

3. JUS

Sementara jus buah dan sayuran juga mengandung kalori. Buah-buahan dan sayuran yang terkandung dalam jus sehat bagi jantung. Jus dengan gula yang membuatnya jauh lebih mudah untuk mengonsumsi terlalu banyak, demikian menurut Dr Freeman.

"Anda bisa makan lima atau enam apel dan baik-baik saja, tapi satu gelas penuh jus apel kemasan lebih banyak kalori daripada sebuah apel," katanya. Makan buah-buahan utuh dan sayuran lebih dianjurkan, sedangkan jus disediakan untuk situasi ketika asupan harian sayuran, dan buah-buahan tidak memadai.

Dan jika Anda membuat jus, para peneliti menyarankan menghindari menambahkan gula ekstra, lebih baik dengan madu, untuk meminimalkan kalori.

4. GLUTEN

Makanan bebas gluten (Shutterstock/ChameleonsEye)Pengulas mengatakan klaim manfaat kesehatan dari diet bebas gluten tidak berdasar. Orang yang memiliki penyakit celiac atau sensitivitas gluten lainnya diminta untuk menghindari gluten, yang meliputi gandum, barley dan rye.

Tapi untuk pasien yang tidak memiliki kepekaan gluten, banyak klaim seputar manfaat kesehatan dari diet bebas gluten adalah tidak berdasar, demikian kesimpulan para peneliti. Penyakit celiac hanya mempengaruhi satu persen rata-rata orang Amerika, menurut University of Chicago Medicine. "Banyak misinformasi di luar sana ketika datang ke tren seperti diet bebas gluten," kata Dr Freeman.

"Bagi Anda tidak sensitif gluten dan Anda mendapatkan pizza bebas gluten, Anda lebih mungkin alergi terhadap susu," katanya.


Editor: Rohmat Haryadi

Rohmat Haryadi
28-02-2017 05:22