Main Menu

Pantau Kesehatan via Smartphone Kini Hanya Butuh 60 Detik

Flora Librayanti BR K
16-12-2017 16:04

Ilustrasi

Jakarta, Gatra.com - Perusahaan semikonduktor global, MediaTek Inc. memperkenalkan MediaTek Sensio™, modul biosensor 6-in-1 perdana pada ponsel canggih. MediaTek Sensio merupakan alat pemantauan kesehatan terbaik dan tercanggih yang mempermudah kita melacak informasi denyut jantung, tekanan darah, tingkat peripheral oxygen saturation, dan lain-lain. Tersedia sebagai modul yang dipasang pada ponsel canggih, MediaTek Sensio memungkinkan konsumen dengan cepat mengecek dan memantau kesehatan fisik pada ponsel pintar (smartphone).

 

 

 

“Dengan modul dan peranti lunak biosensor MediaTek Sensio, para pengembang dan produsen perangkat akan memiliki solusi pemantauan kesehatan terbaik. Peranti ini dapat dipasang pada ponsel canggih, serta sanggup memberi informasi jantung dan kebugaran dalam tempo sekitar 60 detik,” jelas Dr. Yenchi Lee, Sr. Director, Product Marketing, pada unit bisnis nirkabel MediaTek.

 

 

 

MediaTek Sensio MT6381 terdiri atas komponen optik, kelistrikan dan pengolahan data. Solusi yang dapat dikustomisasi dan ringkas membuat para produsen perangkat dapat leluasa memasang modul MediaTek Sensio secara langsung pada seluruh jenis ponsel canggih, ketimbang memakai beragam sensor yang berbeda-beda. Dengan MediaTek Sensio, para produsen bisa mengembangkan berbagai aplikasi milik sendiri (proprietary) atau memanfaatkan aplikasi pihak ketiga dan aplikasi tambahan (add-ons) dari pengembang.

 

 

 

Perangkat ini ialah solusi peranti keras dan lunak 6-in-1 pertama. Modul ini menggunakan light emitting diodes (LEDs), berbarengan dengan sensor yang peka cahaya guna mengukur penyerapan sinar berwarna merah dan infrared lewat ujung jari pengguna. Lewat sentuhan ujung jari pada sensor dan elektroda perangkat ini, MediaTek Sensio menghasilkan simpul tertutup antara jantung dan biosensor untuk mengukur ECG dan gelombang PPG.

 

 

 

“Memberi akses untuk memantau informasi kesehatan dengan ponsel canggih adalah langkah penting dalam mewujudkan dunia yang lebih sehat,” ujar Yenchi Lee lagi.

 

 

 

MediaTek Sensio akan tersedia pada awal 2018 mendatang.


 

 

 

Editor : Flora Libra Yanti

 

 

 

Flora Librayanti BR K
16-12-2017 16:04