Main Menu

Gaya Hidup Tidak Sehat Penyebab Kanker Payudara

Wanto
07-11-2015 21:59

Jakarta, GATRAnews - Spesialis Bedah Onkologi dari MRCCC Siloam Hospital Semanggi DR. dr. Samuel J. Haryono, SpB (K) Onk menjelaskan, jika saat ini penderita kanker payudara lebih banyak disebabkan oleh faktor hormonal bukan dari segi genetik.


Hal ini terungkap dalam diskusi "Inner Beuty Renovate The Challenges In Comprehensive Cancer Center" di MRCCC Siloam Hospital Semanggi, Jakarta Selatan, Jumat, (6/11).

"Sebenarnya kalau kita menyebutnya sebagai penyebab sudah tidak benar melainkan faktor resiko. Dari survei yang sudah dilakukan faktor hormonal menjadi penyebab tertinggi kanker payudara," ujar Samuel.

"Angkanya mencapai 70%, sedangkan faktor genetik hanya 10%. Untuk usianya biasanya dikisaran antara 47 hingga 50 tahun bisa terkena kanker payudara," sambung Samuel.

Lebih lanjut dokter yang dikenal sebagai pemerhati masalah kesehatan wanita itu menambahkan, penderita kanker payudara di Indonesia saat ini meningkat tajam, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Meningkat 20%. Faktornya banyak seperti gaya hidup yang tidak sehat, ini yang mendongkrak meningkatnya penyakit kanker payudara," tuturnya singkat.

Pada saat yang sama Samuel juga mengimbau agar para wanita melakukan pemeriksaan payudara sendiri (Sadari). Caranya, melakukan meraba dengan menggunakan tangan dan penglihatan untuk memeriksa apakah ada perubahan fisik pada payudara.

Proses selanjutnya bila payudara sudah mengalami perubahan yang mengarah pada kondisi yang lebih serius, maka segera melakukan penanganan.

“Penting untuk menyadari bagaimana bentuk normal payudara ada tidaknya perubahan dari waktu ke waktu," tambah Samuel.

Perbedaan payudara yang alamai pada saat wanita masa menstruasi. Sebelum dan selama periode ini, kebanyakan wanita merasa payudaranya akan menjadi makin kencang dan padat. Begitu memasuki masa menopause, payudara akan terasa lebih kendur dan lembut. Jika terasa ada benjolan, Samuel menyarankan agar segera melakukan pemeriksaan.


Reporter: Wanto
Editor: Arief Prasetyo

Wanto
07-11-2015 21:59