Main Menu

Multivitamin Tekan Resiko Kanker Pria

Tian Arief
20-10-2012 02:04

Jakarta, GATRAnews - Asosiasi medis Amerika mengungkapkan bahwa mengonsumsi multivitamin setiap hari bisa mengurangi resiko terkena kanker pada pria. 

Hal itu merupakan hasil penelitian terhadap 15 ribu laki-laki berusia di atas 50 tahun, selama lebih dari sepuluh tahun. Menurut laman BBC, seperti dikutip Antara, Jumat (19/10), di Jakarta, hasilnya menakjubkan. Telah terjadi pengurangan kasus kanker pada laki-laki peminum multivitamin.

Hanya saja, ada beberapa ahli yang mengingatkan efek sebaliknya dari multivitamin. Mereka justru lebih menyarankan mengonsumsi buah dan sayuran sebagai panganan yang aman.

Sedangkan Helga Groll, petugas kesehatan di pusat penelitian kanker Inggris, mempunyai pendapat lain. Dia tidak ingin terbawa isu apakah multivitamin bisa mengurangi resiko kanker atau tidak.

Helga justru menyarankan orang-orang untuk menjalani gaya hidup sehat sedari dini. Menurut dia, diet seimbang dan bergaya hidup sehat adalah kunci untuk mengurangi resiko kanker. 

"Kebanyakan orang sehat seharusnya tidak perlu mengonsumsi suplemen, meski memang ada beberapa yang dianjurkan oleh dokter," tambahnya. (TMA){jcomments on}

Tian Arief
20-10-2012 02:04