Main Menu

Aborsi Picu Kanker Payudara

Tian Arief
28-11-2012 12:44

Jakarta, GATRAnews - Banyak faktor yang bisa memicu kanker payudara pada wanita. Antara lain, usia, genetik, siklus menstruasi yang tidak teratur, konsumsi alkohol berlebihan, serta aborsi.

Di sini aborsi dikatakan sebagai salah satu faktor pemicu kanker payudara, sebagaimana hasil penelitian baru-baru ini, yang dilansir dari Boldsky dan Antara.

Dijelaskan, pada tubuh perempuan hamil, produksi estrogen (hormon perempuan) meningkat. Peningkatan hormon estrogen ini memicu pertumbuhan kelenjar susu pada payudara. Pada fase ini, proses laktasi dimulai dan kelenjar susu pun mulai aktif.

Menurut peneliti, bila fase ini digagalkan melalui aborsi, maka akan terjadi peningkatan risiko kanker payudara pada perempuan tersebut.

Pada beberapa kasus, aborsi yang dilakukan saat kehamilan berusia di atas enam bulan, maka risiko terpapar kanker payudara akan meningkat tinggi.

Bila aborsi dilakukan pada awal kehamilan, risiko terpapar kanker payudara tidak akan terlalu tinggi. Hal ini dikarenakan kadar estrogen di dalam tubuh belum mengalami peningkatan, sehingga proses laktasi juga terjadi sangat lambat.

Namun, satu penelitian pada 1997 yang diterbitkan New England Journal of Medicine telah membantah nahwa aborsi dapat memicu kanker payudara. New England Journal of Medicine membuat kesimpulan bahwa tidak ada kaitannya antara kanker payudara dengan aborsi. (TMA){jcomments on}

Tian Arief
28-11-2012 12:44