Main Menu

Zat ini Bertanggungjawab Atas Menyebarnya Kanker Payudara

Rohmat Haryadi
19-09-2016 12:36

Ilustrasi kanker payudara (dok. GATRA)

Jakarta, GATRANews - Ilmuwan Inggris membuka rahasia bagaimana kanker payudara menyebar ke organ lain dalam tubuh. Mereka telah menemukan bagaimana penyakit itu lolos ke dalam aliran darah, yang memungkinkan penyebaran mematikan ke paru-paru, hati, dan organ vital lainnya. Temuan itu membuka pengobatan yang bisa menyelamatkan ribuan nyawa dengan menghentikan kanker di jalurnya.



Kanker payudara adalah kanker paling umum di Inggris, satu dari delapan perempuan di sana didiagnosis mengidap kanker payudara. Tumor itu pada awal munculnya jarang membunuh, tetapi setelah penyakit mulai menggerogoti bagian lain dari tubuh, menjadi tak tersembuhkan. Akibatnya, sebagian besar kanker payudara menyebabkan 11.500 kematian setiap tahun. Dan itu terjadi setelah penyakit menyebar.

Para peneliti telah mengidentifikasi kunci kimia untuk proses penyebaran itu. Namanya, endosialin. Zat inilah yang membantu kanker meresap ke dalam pembuluh darah. Sekali di dalam pembuluh darah, maka kanker akan menyebar ke seluruh tubuh. Para ahli di Institute of Cancer Research di London mengidentifikasi endosialin, yang membantu penyakit menyebar melalui aliran darah ke paru-paru, hati, dan organ-organ vital lainnya

Tes pada tikus menegaskan peran pentingnya zat kimia itu dalam penyebaran sel-sel kanker. Dan studi terhadap 334 wanita dengan kanker payudara ditemukan bahwa penyakit ini lebih mungkin menyebar pada mereka yang memiliki kandungan endosialin. Di masa depan, wanita dengan tingkat endosialin tinggi dapat diberikan perawatan yang lebih intensif. Penemuan yang dilaporkan dalam jurnal Cancer Research, September ini, membuka jalan bagi obat anti-endosialin yang bisa mencegah penyebaran penyakit tersebut.

Bahan kimia tersebut diproduksi sel yang disebut pericytes, sel non-kanker yang membungkus pembuluh darah. Penelitian lebih lanjut akan melihat mengapa beberapa wanita memproduksi endosialin lebih banyak daripada yang lain. Pemimpin studi, Profesor Clare Isacke, dari The Institute of Cancer Research, London, mengatakan: "Penelitian kami menyoroti peran pericytes - jenis sel yang membungkus di sekitar pembuluh darah – dalam membantu sel-sel kanker payudara melarikan diri ke aliran darah, dan menyebar ke seluruh tubuh.

"Kami menemukan bahwa molekul yang disebut endosialin, yang diproduksi pada permukaan pericytes, memainkan peran kunci dalam membantu sel kanker itu. Kami percaya bahwa endosialin bisa menjadi penanda yang berguna tentang bagaimana kemungkinan kanker payudara wanita menyebar ke seluruh tubuh,” katanya.

"Dan mungkin untuk memblokir penyebaran kanker dengan menargetkan molekul ini dengan obat baru. Sesuatu yang kami berencana untuk mengeksplorasi dalam studi masa depan,” tegasnya.

Baroness Delyth Morgan, Chief Executive at Breast Cancer Now, yang sebagian mendanai penelitian, mengatakan: "Penemuan ini membuka jalan untuk penelitian yang dapat membantu mencegah penyebaran kanker payudara. Kami berharap bahwa pemahaman mendasar ini dapat menyebabkan cara baru untuk mengidentifikasi pasien yang berisiko tinggi kanker payudara mereka menyebar, yang bisa ditawarkan perawatan yang lebih intensif.”

“Endosialin bisa juga akhirnya akan menjadi target oleh obat-obatan untuk mencegah dan membendung kanker payudara sekunder, adalah prospek yang sangat menarik. Kanker payudara Sekunder, di mana penyakit ini telah menyebar, akhirnya menjadi alasan bahwa sekitar 11.500 perempuan di Inggris kehilangan nyawa mereka untuk penyakit ini setiap tahun,” katanya.

Mengungkap proses yang memungkinkan tumor menyebar sangat penting. Karena itu merupakan salah satu pertanyaan yang paling penting yang tersisa dalam penelitian kanker payudara.


Editor: Rohmat Haryadi

Rohmat Haryadi
19-09-2016 12:36