Main Menu

Makan Segenggam Kacang Mencegah Kanker dan Jantung Koroner

Rohmat Haryadi
09-12-2016 04:29

Segenggam kacang menyehatkan (authoritynutrition.com)Jakarta GATARANews - Analisis besar penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan setidaknya 20 gram kacang per hari memiliki risiko lebih rendah dari penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya. Analisis dari semua studi saat ini pada konsumsi kacang dan risiko penyakit telah mengungkapkan bahwa 20 gram sehari -setara dengan segenggam- dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner hampir 30 persen, risiko kanker 15 persen, dan risiko kematian dini 22 persen.


Rata-rata minimal konsumsi 20 gram konsumsi kacang juga dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit pernapasan sekitar 50 persen, dan diabetes hampir 40 persen.Penelitian dipimpin para peneliti dari Imperial College London dan Universitas Norwegia Sains dan Teknologi, diterbitkan dalam jurnal BMC Medicine, Desember ini.

Tim peneliti menganalisis 29 penelitian yang diterbitkan dari seluruh dunia yang melibatkan sampai dengan 819.000 peserta, termasuk lebih dari 12.000 kasus penyakit jantung koroner, 9.000 kasus stroke, 18.000 kasus penyakit jantung dan kanker, dan lebih dari 85.000 kematian.

Sementara ada beberapa variasi antara populasi yang diteliti, seperti antara laki-laki dan perempuan, dan tinggal di daerah yang berbeda. Atau orang-orang dengan faktor risiko yang berbeda. Para peneliti menemukan bahwa konsumsi kacang dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit pada sebagian dari mereka.

Penulis studi, Dagfinn Aune dari School of Public Health di Imperial mengatakan: "Dalam penelitian gizi, sejauh ini banyak penelitian telah terkait dengan pembunuh besar, seperti penyakit jantung, stroke, dan kanker, tetapi sekarang kami mulai melihat data untuk penyakit lain."

"Kami menemukan penurunan konsisten risiko pada banyak penyakit yang berbeda, yang merupakan indikasi kuat bahwa ada hubungan yang mendasari antara konsumsi kacang dan hasil kesehatan yang berbeda. Ini efek yang cukup besar untuk sejumlah kecil makanan."

Penelitian ini melibatkan semua jenis kacang pohon, seperti kacang hazel (semacam kemiri) dan kenari. Apa yang membuat kacang sehingga berpotensi menguntungkan, kata Aune, adalah nilai gizi mereka: "Kacang-kacangan dan kacang tinggi serat, magnesium, dan lemak tak jenuh ganda - nutrisi yang bermanfaat untuk memotong risiko penyakit kardiovaskular dan yang dapat mengurangi kadar kolesterol."

"Beberapa kacang-kacangan, terutama kenari dan kacang pecan (pikan) juga tinggi antioksidan, yang dapat melawan stres oksidatif dan mungkin mengurangi risiko kanker. Meskipun kacang yang cukup tinggi lemak, mereka juga tinggi serat dan protein, dan ada beberapa bukti bahwa menunjukkan kacang mungkin benar-benar mengurangi risiko obesitas dari waktu ke waktu."

Studi ini juga menemukan bahwa jika orang mengkonsumsi rata-rata lebih dari 20 gram kacang per hari, ada sedikit bukti dari perbaikan lebih lanjut dalam hasil kesehatan. Tim kini menganalisis dataset besar diterbitkan untuk efek kelompok makanan lain yang direkomendasikan, termasuk buah-buahan dan sayuran, pada jangkauan penyakit yang lebih luas.


Editor: Rohmat Haryadi

Rohmat Haryadi
09-12-2016 04:29