Main Menu

Ikatan Emosional Orang Tua Kunci Sukses Anak

Rohmat Haryadi
08-09-2016 20:45

Ikatan emosional anak-orang tua sangat penting (GATRAnews/Ilustrasi/dok)

Jakarta, GATRANews - Anak-anak yang memiliki ikatan emosional berkualitas dengan orang tua akan lebih berpeluang untuk menjadi sukses. Demikian ditunjukkan sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal Frontiers in Human Neuroscience, September 2016. Melibatkan 27 anak berusia antara empat hingga enam tahun, studi meneliti kualitas ikatan emosional dengan orang tua mereka, dan kontrol kognitif mereka meliputi: menolak godaan, kemampuan untuk mengingat sesuatu, dan apakah mereka malu atau pemberani. 

Peluang memaksimalkan kesuksesan anak bisa nampak menakutkan. Indikator keberhasilan di masa depan tampaknya didorong, untuk sebagian besar, oleh faktor-faktor di luar kendali langsung seperti, gen dan lingkungan. Penelitian ini, menemukan lingkungan yang peduli dan perhatian secara emosional bertanggung jawab untuk menjadi faktor penentu yang mengubah secara jangka panjang. 

Penelitian ini melibatkan kombinasi dari kuesioner, tugas perilaku dan pengukuran elektrofisiologi. Menurut Dr Schneider-Hassloff, temuannya mendukung teori perkembangan yang mengusulkan bahwa kualitas emosional yang tinggi dalam interaksi ibu-anak (menimbulkan rasa aman) mendorong perkembangan kognitif anak. 

Para peneliti melihat kualitas ikatan emosional - disebut ketersediaan emosional (EA) - antara ibu dan anak. Juga fungsi eksekutif anak-anak diukur melalui sejumlah latihan. Akhirnya, penelitian mengukur respon saraf anak-anak yang ditugaskan untuk menghambat aspek-aspek tertentu dari perilaku mereka. Hal ini dicapai melalui EEG (Electrotroencephalography) dengan mengukur variasi kecil dalam tegangan di bagian kunci tertentu pada otak. 

Dr Schneider-Hassloff mencatat: "Studi ini meneliti hubungan antara kualitas interaksi emosional dan berkorelasi elektrofisiologi dari fungsi eksekutif pada anak prasekolah untuk pertama kalinya." Temuan ini tentunya menjadi cahaya baru akan pentingnya pengasuhan emosional jangka panjang. 

Orang tua yang memahami hal ini, akan mendorong kemandirian pada anak-anak mereka sambil tetap menjaga ikatan emosional yang berkualitas. Hal itu akan memberikan anak-anak mereka kesempatan yang lebih baik dan sukses di masa depan. Bahkan dalam kesulitan, mereka dapat menciptakan ruang emosional yang akan memiliki konsekuensi jangka panjang, memberi keterampilan dan kekuatan untuk masa depan anak.


Editor: Rohmat Haryadi

Rohmat Haryadi
08-09-2016 20:45