Main Menu

Agar Lansia Tidak Menjadi Beban

Ervan
31-05-2016 10:27

Jakarta, GATRAnews - Pada tanggal 26 Mei 2016 di Ruang Presentasi Perpustakaan MPR digelar acara Wakil Rakyat Bicara Buku. Dalam kesempatan ini buku yang dikupas adalah buku Peran Lansia Dalam Pembangunan. Hadir sebagai pengupas buku mantan menteri kependudukan dan BKKBN di masa Orde Baru Haryono Suyono, dosen kependudukan UI Paulus Wirutomo, Adhi Santika, dan Endang Mulia Astuti. 

Wakil Sekretaris Jenderal MPR Selfi Zaini dalam sambutan mengatakan acara bedah buku yang mengambil tema mengenai Lansia sangat bermanfaat. Dirinya menceritakan di rumahnya ada 2 orang lansia. 

Dengan mengikuti acara itu menurut Selfi Zaini kita bisa mempersiapkan diri agar kelak saat lansia tidak memberatkan. Setelah mengikuti acara itu, Selfi Zaini akan memberikan ilmu yang diperolehnya pada yang lain. "Mudah-mudahan dalam acara ini kita bisa memetik hikmahnya," ujarnya. 

Irna Permatasari yang juga penulis buku soal lansia dan dalam kesempatan itu sebagai pembuka diskusi menuturkan di antara negara yang paling peduli pada lansia adalah China. Di negara itu, lansia sangat diperhatikan di mana di setiap hari-hari tertentu para lansia dianjurkan untuk bersenam dan mendengarkan musik. Disediakan ruang terbuka hijau dan taman agar di tempat itu para lansia bisa menikmati masa tuanya, seperti main kartu. 

Ditambahkan, orang yang merawat orang lansia di rumah sendiri, mereka akan diberi tunjangan. Kepedulian negara China pada lansia disebabkan negara itu berusaha keras agar marga keturunan bisa dipertahankan. 


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Nur Hidayat

Ervan
31-05-2016 10:27