Main Menu

Ketua MPR Soal Puisi Sukmawati: Semoga Jadi Pelajaran

Ervan
04-04-2018 19:12

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan.(Dok. MPR/re1)

Jakarta, Gatra.com- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyambut baik permohonan maaf Sukmawati Soekarnoputri kepada umat Islam atas puisi kontroversialnya "Ibu Pancasila". Hikmah dari peristiawa ini, ia berharap tak menjadi polemik berkepanjangan. 

 

“Lantunan adzan adalah panggilan kepada umat untuk menentramkan hati sebelum shalat. Semoga permohonan maaf dari mbak Sukmawati menenangkan ibu pertiwi yang gundah dan menyelesaikan polemik yang meresahkan,” ujar Zulkfili Hasan, Rabu (5/3).

 

Puisi "Ibu Pancasila" yang dibacakan Sukmawati menjadi kontroversi karena dinilai telah melukai perasaan umat islam. Bahkan Selasa (3/4) Ketua DPP Hanuar Amron Asyhari dan pengacara Denny AK telah melaporkannya ke Polda Metro Jaya.

 

Sehari setelahnya, Sukmawati pun angkat bicara dan meminta maaf kepada umat islam mengenai puisinya yang menyinggung mengenai azan dan cadar. "Dengan ini, dari lubuk hati paling dalam, saya mohon maaf lahir dan batin kepada umat Islam Indonesia. Khususnya bagi yang tersinggung dan berkeberatan dengan puisi 'Ibu Indonesia'," katanya sambil tersedu menangis.

 

Meski demikian, atas laporan ke Kepolisian, Zulkifli berpendapat kalau proses hukum harus dihormati dan tidak bisa diintervensi. “Mbak Sukmawati kelihatannya sudah menyadari kekeliruannya dan meminta maaf. Semoga menjadi pelajaran bagi siapa pun untuk lebih hati-hati dalam bertutur, terutama yang berkaitan dengan hal sensitif seperti agama,” lanjutnya.

Ervan
04-04-2018 19:12