Main Menu

Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani Buka Kegiatan Press Gathering di Manado

Ervan
14-04-2018 06:30

Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani. (Dok. Humas MPR/FT02)

Jakarta, gatra.com- Press Gathering merupakan kegiatan penting guna memberi kesempatan kepada jurnalis untuk melihat langsung potensi suatu daerah, terutama di daerah perbatasan. Dengan kegiatan Press Gathering ini jurnalis dapat memberikan pandangannya tentang bagaimana mendorong pengembangan potensi daerah tersebut, dan juga memberikan pandangannya bagaimana mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang begitu luas ini.

 

Demikian Ahmad Muzani menyampaikan hal itu dalam sambutan sebagai Wakil Ketua MPR pada acara pembukaan Press Gathering Koordinatoriat Wartawan MPR/DPR-DPD RI di Grand Luley, hotel yang terletak di bibir pantai Tongkeina Bunaken, Kota Manado, Sulawesi Utara, Jumat malam (13/4). 

"Press Gathering ini pertama kali diselenggarakan untuk tahun ini," kata Kepala Biro Humas Setjen MPR Siti Fauziah selaku ketua panitia pelaksana Press Gathering. Tercatat 90 wartawan dari berbagai media yang bertugas di lingkungan MPR/DPR/DPD Jakarta menjadi peserta Press Gathering ini.

Press Gathering Manado ini disertai diskusi dengan tema: "Menggali Potensi Kelautan Nasional." Tema ini sengaja dipilih, menurut Siti Fauziah, karena Sulawesi Utara sebagai salah satu daerah kepulauan juga memiliki potensi kelautan yang cukup besar, baik potensi perikanan maupun pariwisata.

Berkaitan dengan itu, Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani menyatakan, tidak dapat dibantah lagi Indonesia punya potensi kelautan yang begitu besar. Kelautan sebagai sebuah potensi ekonomi dan juga pariwisata pada era Orde Baru, menurut Muzani, dianggap sebagai halaman belakang dari sebuah rumah. 

Kelautan mulai mendapat perhatian pada era Presiden Abdurrahman Wahid dengan terbentuknya Kementerian Kelautan. Dan, perhatian terhadap kelautan juga diberikan pemerintahan Joko Widodo, tapi menggali kelautan sebagai sumber perekonomian memang tidaklah mudah. 

"Untuk itu, kehadiran para wartawan dalam jumlah besar di Manado ini setidaknya menjadi catatan penting bagaimana kita mendorong potensi yang ada di daerah ini," kata Ahmad Muzani,

Acara pembukaan Press Gathering ini dihadiri pula empat anggota MPR RI dari berbagai fraksi, yaitu: Ayub Khan (Fraksi Demokrat), Andi Akmal Pasluddin (PKS), Yanuar Prihatin (PKB), Abdurrahman Abubakar Bahmid (kelompok DPD). Sementara Ketua Bappeda Provinsi Sulawesi Utara Dr. Ir. Ricky Toemandoek, MM., hadir mewakili Gubernur Sulawesi Utara yang berhalangan hadir.


 

 

Ervan
14-04-2018 06:30