Main Menu

HNW: Alumni Gontor Jangan Takut Berkiprah untuk Indonesia

Wem Fernandez
07-06-2018 11:51

Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid dalam dialog sebelum menutup event Batam Bersyiar. (Dok. Humas MPR/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Alumni Pondok Modern Darussalam Gontor diminta tidak takut untuk berkirprah dalam seluruh segi kehidupan berbangsa. Para alumni Gontor telah lama dididik untuk menjadi anak-anak ibu pertiwi Indonesia.

Demikian pernyataan Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid (HNW) dalam dialog sebelum menutup event Batam Bersyiar, di Dataran Welcome to Batam (WTB), Kepulauan Riau, Selasa lalu. 

Dialog yang dipandu budayawan Emha Ainun Najib itu juga menghadirkan Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, KH Hasan Abdullah Sahal dan Ketua IKPM Gontor, Ismail Abdullah Budi Prasetio.

"Di Gontor, kita dididik untuk berbakti kepada tiga ibu, ibu biologis, pondok Gontor sebagai ibu pengasuhan, dan ibu pertiwi Indonesia," tutur Hidayat yang juga alumni Gontor ini.

Hidayat menambahkan, sejak dulu para alumni Gontor juga telah banyak berkiprah untuk kejayaan ibu pertiwi Indonesia. Hal ini juga menjadi penegasan bahwa umat Islam, yang di antaranya diwakili para alumni Gontor, adalah soko guru bagi terus tegaknya NKRI.

"Keislaman dan kedekatan kita dengan Alquran mengajarkan semangat saling menerima dan pada saat yang sama, tepa selira atau saling menghargai. Dengan cara itu, keunggulan kita sebagai bangsa akan diraih," tandas Hidayat.

Budayawan Cak Nun dalam kesempatan yang sama mengungkapkan, usia Gontor lebih tua dari Republik Indonesia. "Gontor ini seharusnya menjadi gurunya Indonesia. Indonesia harus banyak-banyak bertanya kepada Gontor," tutur Cak Nun.

Batam Bersyiar diselenggarkan sebagai kerja sama Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Gontor Cabang Batam dan Badan Pengusahaan Batam. Event ini digelar sejak 20 Mei 2018. Penutupan dilakukan dengan menekan tombol yang diikuti sirine, secara bersama-sama dipimpin HNW. 

Wem Fernandez
07-06-2018 11:51