Main Menu

Hadiri Festival Kopi Lampung Barat, Ketua MPR Zulhasan Harap Pemerintah Fasilitasi Petani Kopi

Fatma
23-07-2018 09:37

Lampung Barat, Gatra.com - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan (Zulhasan) disambut meriah ribuan masyarakat Lampung Barat saat menghadiri acara Panen Raya dalam rangka gebyar acara Festival Kopi Lampung Barat di Kampung Kopi Rigis Jaya, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung, Minggu (22/07/2018).

Dalam sambutannya di hadapan masyarakat, Zulhasan sangat mengapresiasi upaya dan kineja keras para petani kopi Lampung Barat menghasilkan produk kopi asli Indonesia yang luarbiasa membanggakan dan pasti rasa serta kualitasnya bisa bersaing dengan kopi bangsa lain.

Diakui Zulhasan, para petani Lampung Barat sangatlah rajin. Betapa tidak, berangkat gelap pulang gelap pantas saja hasilnya berkualitas. Saya jadi ingat masa-masa kecil saat membantu orang tua saya berkebun kopi dan lada di kampung halaman di Kabupaten Lampung Selatan. Saya terlahir juga dari keluarga pekebun kopi dan lada dan saya sekarang jadi seperti ini karena kopi, ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Zulhasan memberikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Lampung Barat, karena upaya dan kerja kerasnya mempromosikan kopi asli daerah.

Saya berharap kepada pemerintah harus mendampingi dan memfasilitasi para petani kopi mulai dari awal masa tanam, panen dan terutama dalam soal penjualan hasil produk kopi ke pasar. Fasilitasi dan dampingi petani kopi terutama saat musim panen melimpah, supaya petani tidak merugi dengan harga jual yang selalu turun. Lalu pemerintah juga harus bisa memutus mata rantai pedagang tengkulak, yang menguasai harga pasar dan merugikan petani, tandasnya.

Kepada masyarakat, Zulhasan juga berpesan satu hal yakni masyarakat harus menyadari pentingnya pendidikan untuk masa depan anak-anak penerus bangsa. Kesadaran masyarakat akan pendidikan yang baik juga harus dibarengi dengan kebijakan pendidikan dari pemerintah yang pro rakyat. “Sekali lagi, cara jitu untuk mengentaskan kemiskinanan adalah dengan pendidikan yang baik, tegasnya.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan kemudian didaulat menandatangani prasasti Kampung Kopi Rigis Jaya, dilanjutkan pemukulan gong membuka secara resmi Festival Kopi Lampung Barat.

Hadir dalam acara tersebut mendampingi Ketua MPR RI, anggota DPR RI Sudin S.E, mantan Bupati Lampung Barat dua periode Mukhlis Basri, Dirjen Pertanian dan Perkebunan Bambang, Kadis Perkebunan Provinsi Lampung Desi Rosmariya, Bupati Parosil Mabsus, Wakil Bupati Mad Hasnurin, Ketua DPRD Edi Novial, Kapolres Lampung Barat AKBP Tri Suhartanto, Dandim 0422 LB Letkol Kaveleri Adri Nurcahyo serta OPD Lampung Barat dan ribuan masyarakat petani kopi dan umum.

Fatma
23-07-2018 09:37