Main Menu

Bertemu HNW, Wakil PM Wan Azizah Komitmen Melindungi WNI di Malaysia

Wem Fernandez
07-08-2018 21:34

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) mengunjungi Wakil Perdana Menteri (PM) Malaysia, Yang Amat Berhormat Dato' Seri Wan Azizah Wan Ismail. (Humas MPR RI/afn)

 

 

- Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) mengunjungi Wakil Perdana Menteri (PM) Malaysia, Yang Amat Berhormat Dato' Seri Wan Azizah Wan Ismail, Senin (6/8) kemarin. Dalam kesempatan itu HNW sekaligus mengucapkan selamat kepada Wan Azizah yang merupakan istri dari Datuk Sri Anwar Ibrahim dari Partai Keadilan Rakyat (PKR) yang baru saja memenangkan pemilu di Malaysia.


Menurut HNW, Malaysia sudah menunjukkan kualitasnya kepada dunia bahwa negara mayoritas muslim juga bisa menjalankan demokrasi dengan baik, konstitusional, aman dan damai. Ke depan HNW berharap, demokrasi yang ditunjukan Malaysia-Indonesia dapat menjadi koreksi bagi Barat terhadap komunitas muslim yang seolah-olah anti-demokrasi.

“Juga agar Malaysia dan Indonesia menjadi negara yang aktif dalam mewujudkan perdamaian di kawasan Asia Tenggara, terutama dalam menyelesaikan masalah pengungsi Rohingya. Kami mengusulkan agar pemimpin perempuan dengan pendekatan 'keibuan' mampu membantu menyelesaikan konflik etnik Rohingnya di Myanmar dan Bangladesh,” tegas HNW dalam pesan elektronik yang diterima wartawan, Selasa (7/8) malam.

HNW berharap Wan Azizah, Halimah Yacob (Presiden Singapura), Aung San Suu Kyi (State Counsellor, setara dengan PM Myanmar), Sheikh Hasina Wazed (PM Bangladesh) ditambah Menteri Luar Negeri Indonesia (Retno L. Marsudi) dapat berperan lebih aktif.

“Diharapkan dengan diplomasi ‘keibuan’ (motherhood touch diplomacy) akan bisa dibuat terobosan baru hadirkan solusi bagi tragedi kemanusiaan terbesar pada awal abad XXI ini,” ujar dia,

Secara khusus, politisi PKS ini juga berharap pemerintah Malaysia di bawah kepemimpinan Pakatan Harapan, dapat benar-benar melindungi warga Indonesia yang berada di Malaysia. HNW yang didampingi anggota MPR dari DPD RI, Cholid Mahmud, dan Staf Ahli MPR juga bertemu dengan Menteri Luar Negeri Malaysia, Datuk Saifuddin Abdullah. Keduanya membahas pentingnya Malaysia untuk melindungi warga Indonesia yang berada di Malaysia dalam semangat saling membantu dan menghormati.


Reporter: Wem Fernandez
Editor: Arief Prasetyo

Wem Fernandez
07-08-2018 21:34