Main Menu

Setelah Sidang Umum, Masih Ada Banyak Acara yang Digelar MPR

Mukhlison Sri Widodo
17-08-2018 08:30

Sekretaris Jenderal MPR RI Ma'ruf Cahyono (GATRA/Abdurachman/RT)

Jakarta, Gatra.com - Setelah menggelar Sidang Tahunan MPR pada Kamis, 16/08, Sekretariat Jenderal Majels Permusyawaratan Rakyat (MPR) masih akan menggelar beberapa rangkaian acara menyambut Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). 

 

Hari ini tanggal 17/8, MPR melaksanakan upacara Hari Kemerdekaan Indonesia yang diikuti tiga lembaga parlemen (MPR, DPR, DPD) dengan inspektur upacara Pimpinan DPR.  Kemudian pada tanggal 18 Agustus MPR akan memperingati Hari Konstitusi.

 "Hari Konsitusi ini merupakan momentum untuk merefleksi perjalanan konstitusi termasuk pelaksanaannya. Termasuk direlasikan dengan isu-isu kekinian seperti Pemilu," kata Sekretaris Jenderal MPR, Dr. Ma'ruf Cahyono.

Peringatan Hari Konstitusi dihadiri Wakil Presiden dan peringatan ini dilanjutkan dengan sarasehan konstitusi. Lalu pada tanggal 29 Agustus, MPR menyelenggarakan Pekan Konstitusi. 

Kegiatan Pekan Konstitusi dalam rangka Hari Konstitusi ini antara lain Final Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR yang diikuti sekolah pemenang dari setiap provinsi, Final debat konstitusi tingkat nasional, 

Masih pada 29 Agustus, MPR memperingati HUT MPR. Kegiatan memperingati HUT MPR antara lain jalan sehat Empat Pilar, ceramah agama atau pengajian menghadirkan Ustad Abdul Shomad.

 "Yang disampaikan dalam ceramah agama masih terkait dengan Empat Pilar MPR dan ketatanegaraan," imbuh Ma'ruf. Ceramah agama ini akan dihadiri pimpinan MPR dan masyarakat umum.

Sebelumnya, di sela-sela pidato penyampaian hasil kinerja lembaga negara, Presiden Joko Widodo juga menyampaikan pesan semangat keterbukaan dan persatuan bangsa di sidang tahunan MPR yang dilaksanakan di Gedung Nusantara, Jakarta pada Kamis kemarin. 

Hal tersebut berkaca pada maraknya permasalahan suku, ras, dan agama selama beberapa tahun belakangan ini. “Jatuh bangunnya bangsa sangat tergantung pada bangsa itu sendiri. Apakah bangsa itu mau bersatu ataukah sebaliknya, mudah terpecah belah menunggu kehancuran.” ujar Jokowi pada momentum sehari sebelum Hari Kemerdekaan RI ke-73 besok.  

Jokowi juga menekankan, agar forum seperti Sidang Umum MPR dapat meningkat kepercayaan rakyat terhadap lembaga negaranya.  “Kepercayaan rakyat kepada lembaga-lembaga negara adalah sumber kekuatan terhadap tugas yang diembannya,” kata Jokowi. 


Reporter : CH
Editor : Mukhlison 

Mukhlison Sri Widodo
17-08-2018 08:30