Main Menu

Jokowi Tolak Teken UU MD3, Baleg DPR; Perlu Segera Raker

Wem Fernandez
20-02-2018 19:29

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly(GATRA/Erry Sudiyanto/re1)

Jakarta, Gatra.com - Wakil Ketua Badan Legislasi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (Baleg DPR RI) H. Totok Daryanto meminta pemerintah untuk segera bertemu dengan DPR dan menggelar rapat kerja (Raker). 

Hal ini dilakukan terkait isyarat yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly yang menolak menandatangani hasil revisi UU No 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3). 

 

“Kalau saya sebaiknya segera ada raker antara pemerintah dengan DPR mencari solusinya dan bisa juga menempuh jalan lobi. Jadi Pak Yasonna bisa ketemu dengan pimpinan Baleg, pimpinan dewan untuk membahas mana bagian-bagian yang membuat Pak presiden itu kurang berkenan,” tegas Totok di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, (20/2). 

 

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga merasa bingung atas sikap Jokowi. Sebab, selama proses pembahasan UU MD3 tersebut, DPR telah melibatkan pihak pemerintah hingga mencapai kesepakatan dan disahkan dalam rapat paripurna beberapa waktu lalu. 

 

“Kalau ada masalah-masalah toh sebetulnya semua bisa dibicarakan. Kan kemarin MD3 juga pemerintah sudah diwakili oleh menteri-menteri yang memang sudah ditugasi untuk itu. Jadi saya kira sebaiknya mengedepankan sikap kenegarawanan, tidak menunjukan sikap yang seperti kalau orang Jawa bilang mutung, ngambek,” terang dia. 

 

Menteri Yasonna sebelumnya menungkapkan, Presiden Jokowi kemungkinan besar tidak akan meneken UU MD3.

 

"Beliau masih menganalisis ini, dari apa yang disampaikan belum menandatangani, dan kemungkinan tidak akan menandatangani," kata Yasonna di Istana Negara hari ini.

 

Meski tidak meneken UU tersebut, sambung Yasonna, dalam waktu 30 hari ke depan, bisa berlaku secara otomatis karena UU MD3 merupakan inisiatif DPR. 


 

Reporter : Wem Fernandez  

Editor : Bernadetta Febriana

Wem Fernandez
20-02-2018 19:29