Main Menu

DPR Protes Instagram Blokir Akun Ustaz Somad

Anthony Djafar
26-02-2018 12:42

Ustadz Abdul Somad. (Dok. Humas MPR/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Wakil Ketua DPR, Fadli Zon menyesalkan pengelola sosial media, instagram melakukan pemblokiran terhadap akun milik Ustaz Abdul Somad, apalagi akun tersebut merupakan milik tokoh agama yang sudah dikenal luas masyarakat Indonesia dengan ribuan jumlah pendukungnya.


“Kita harus protes itu Instagram. Kenapa melakukan sensor dan blokir terhadap akun yang jelas dimiliki identitasnya oleh seorang ulama, selebriti lagi. Ini menurut saya pihak Instagram tidak boleh melakukan itu,” kata Fadli Zon di gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (26/2).

Fadli menyebut bahwa tindakan pengelola instagram harus dijelaskan kepada publik alasan pemblokiran itu karena bisa saja ini akan terjadi kepada pihak lain.

“Kalau intagram ini melakukan karena ada orderan, ada pihak yang meminta, maka harus dijelaskan siapa pihak yang meminta. Ini saya kira tidak boleh ada pemberangusan terhadap akun media sosial dari orang yang jelas. Justru akun anonim (tidak jelas) (banyak beredar) yang (harus) diberantas,” katanya.

Fadli menyebut bahwa tindakan pemblokiran instagram itu nantinya akan ditindaklanjuti oleh rekan-rekan di komisi I DPR dengan memanggil pihak pengelola akun untuk menjelaskan.

“Saya kira, kawan-kawan di komisi I DPR bisa melakukan itu, pada waktu masa sidang di buka nantinya,” katanya.

Seperti diketahui akun instagram penceramah Ustaz Abdul Somad, @ustabdulsomad diblokir sejak Sabtu malam, 24 Februari 2018 silam.

Somad sendiri belum tahu alasan mengapa akunnya tidak bisa diakses sejak Minggu lalu.

“Benar (akun diblokir). Saya tak tau penyebabnya," katanya.


Editor: Anthony Djafar

Anthony Djafar
26-02-2018 12:42