Main Menu

APBD Belum Disahkan 215 Kabupaten Belum Terima Dana Desa

Mukhlison Sri Widodo
28-02-2018 21:23

Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo. (GATRA/Erry Sudiyanto/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo meminta pemerintah daerah (Pemda) agar segera menyelesaikan persyaratan terkait pencairan dana desa. 

 

Saat ini kata Eko, baru sekitar 200 kabupaten dari 415 kabupaten yang sudah menerima transfer dana desa dari Pemerintah Pusat. Padahal tahun ini, dana desa bisa dicairkan lebih awal. 

"Mulai 15 Januari desa-desa  sudah bisa mendapat dana desa," ujar Eko saat ditemui Gatra di kantornya, kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu. (28/02).

Selain itu, setelah mendapat persetujuan dari Presiden Menteri Keuangandana desa tahin ini juga bisa dicairkan tiga kali, . Sementara sebelumnya hanya dua kali di bulan April dan Agustus. 

Namun, meski sudah bisa cair lebih awal, memang masih ada wilayah yang belum selesai penyusunan anggaran daerahnya (APBD) karena belum ada kesepakatan antara kepala daerah dan DPRD. Sehingga berpengaruh pada pemcairan dana desa.

Karena itu, Eko meminta Kepala Daerah dan dan dewan di wilayah masing-masing agar segera mengesahkan APBD-nya. “Supaya dana desa bisa segera ditransfer ke desa,” ujar Eko. 

Eko menyebutkan, pihaknya saat ini juga mendorong percepatan pencairan dana desa dengan berkomunikasi dengan kepala daerah dan Kementerian Dalam Negeri. “Pak Mendagri juga sudah kirim pesan ke daerah supata APBD segra disahkan,” katanya. 


Editor : Mukhlison

 

Mukhlison Sri Widodo
28-02-2018 21:23