Main Menu

Jajaran PNS Hingga Menteri Kabinet Jokowi Akan Ikut Pelatihan Revolusi Industri 4.0

Hendry Roris P. Sianturi
03-03-2018 21:09

Pelatihan revolusi industri 4.0. (Dok. Humas Kemenko Maritim/FT02)

Jakarta, Gatra.com- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan memastikan pemerintah siap menghadapi revolusi industri 4.0.Salah satu caranya, dengan menggelar training khusus bagi para penyelenggara negara dan para pegawai pemerintah setingkat eselon I, II, III dan IV di 34 kementerian di Indonesia.


Sebelumnya, program pelatihan khusus serupa pernah berhasil diterapkan oleh Kementerian Tenaga Kerja dalam meningkatkan skill dan kompetensi tenaga kerja Indonesia menghadapi revolusi industry 4.0.

 

“Sekarang adalah bagaimana kita merubah mindset kita dengan revolusi 4.0 ini, Dan bagaimana teamwork kita dalam bekerja. Awal kita 1.000 peserta saja dulu. Intinya kita ingin masif. Ini ada 34 kementerian, kita tinggal perkaya sedikit dan tinggal kita bagi,” katanya, Jumat (2/3).

 

Menurut Luhut, Presiden Joko Widodo sudah menyetujui rencana tersebut. Bahkan ia ingin agar semua eselon dan Menteri-menteri juga ikut. Tujuannya, agar setiap pihak mempunyai kesepahaman dalam pola pikir dan cara bertindak dalam menghadapi era digitalisasi teknologi di semua lini.

 

"Jadi bagaimana kita menyikapi perkembangan teknologi 4.0 yang begitu cepat. Bagaimana pula cara membuat manajemen dan teamwork yang rapi," ungkap Luhut. Bila tidak paham teknologi ini, ia khawatirkan nanti masing-masing akan lari kemana-mana.

 

Nantinya pemerintah akan melibatkan para pembimbing berkualitas dari Tsinghua University (Tiongkok), Massachusets Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat. “Dan Temasek juga akan diikutsertakan,” katanya.

  

Program ini rencananya akan dimatangkan kembali pada bulan April dan dilaksanakan pada bulan Mei ini. Pemerintah akan segera membentuk panitia kecil yang akan mendata calon peserta dari 34 kementerian.


Tidak hanya pemerintah, dari swasta dan non government organization (NGO) pun akan diajak. “Agar, semua pihak akan mempunyai satu kesepahaman, baik dalam pola pikir maupun cara bertindak demi kemajuan bangsa,” ucap Luhut.

 


Reporter : Hendry Roris Sianturi
Editor : Birny Birdieni

Hendry Roris P. Sianturi
03-03-2018 21:09