Main Menu

PPP Minta Kekalahan KPU Jangan Dipolitisir

Wem Fernandez
05-03-2018 17:02

Wakil Ketua Umum PPP, Reni Marlinawati (Dok.Twitter/Reni Marlinawati/RT)

Jakarta, Gatra.com- Kekalahan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam sidang ajudikasi melawan Partai Bulan Bintang (PBB), Minggu, (4/3), kemarin, ditanggapi berbeda oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Bagi PPP, hal tersebut tidak serta merta meruntuhkan kredibilitas dan independensi KPU. 

 

“Jadi kekalahan KPU yang dimenangkan PBB menjadi parpol itu tidak mereduksi profesionalitas KPU. KPU kan bukan orang hukum, mungkin saja menurut KPU itu benar, tapi secara hukum disitu ada kelemahan. Jadi jangan terlalu dipolitisasi lah. Biasa saja,”tegas Wakil Ketua Umum PPP, Reni Marlinawati di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, (5/3). 

 

Sejak awal,  KPU merupakan lembaga yang dipersiapkan agar tetap independen dan kredibel dalam menjalankan tugas-tugasnya. Sejauh ini, terang Reni, lembaga tersebut sudah banyak menunjukan kiprah positifnya dalam menangani Pemilu. 

 

“Nah kalau kemudian sekarang ada gugatan dan KPU kalah, itu bukan berarti KPU tidak kridibel,” terang dia. 

 

Sementara itu menurut Ketua DPP Partai Gerindra, Riza Patria, dengan kekalahan tersebut, KPU harus tetap percaya diri dengan menjaga aspek netralitas dan independensinya sesuai mekanisme yang ada. Tidak menjadi soal, jika gugatan yang dimenangkan PBB itu sesuai dengan fakta hukum yang ada. 

 

“Terkait dengan gugatan yang kalah sepanjang itu sesuai dengan fakta data dan peratutran UU tentu kami memahami yang penting KPU dan Bawaslu tetap menjaga netralitas dan indpendensinya mekanisme sesuai dengan aturan yang ada,” tegas Riza. 


 

 

Reporter : Wem Fernandez  

Editor : Bernadetta Febriana

 

Wem Fernandez
05-03-2018 17:02