Main Menu

Becak Listrik PAN Untuk Anies Baswedan

Cavin Rubenstein M.
07-03-2018 18:14

Becak listrik sumbangan PAN. (Dok. istimewa)

Jakarta, Gatra.com - Wacana menghidupkan kembali becak di DKI Jakarta oleh Gubernur Anies Baswedan disambut dengan komitmen sumbangan becak listrik oleh Wakil Ketua Umum PAN, Hanafi Rais.


"Kami telah menyiapkan becak listrik yang telah didesain ramah lingkungan, cocok dengan iklim ibukota yang ramah lingkungan," kata Hanafi Rais, kepada Gatra.com, Rabu (7/3) siang. Becak listrik tersebut, menurut Hanafi, sudah disiapkan satu unit dan akan disumbangkan ke Gubernur Anies Baswedan, Minggu (8/3) nanti. Selain menggunakan tenaga listrik atau batere, becak tersebut juga masih bisa dikayuh dengan tenaga manusia. Dari segi bentuk, tidak ada perubahan jauh ketimbang aslinya. Hanya ada sedikit modifikasi untuk menempatkan dinamo di bagian bawah jok.

Menurut Hanafi, becak listrik di ibukota harus diarahkan pada pemikiran positif sehingga lebih baik diperuntukkan di wilayah perumahan dan tempat-tempat wisata. Selain bisa membantu konsumen, juga mempercantik daerah wisata atau bahkan mengembalikan mata pencaharian para pengayuh becak yang sudah ada.

"Pemerintah provinsi biaa mengeluarkan aturan penggunaan becak listrik ini untuk wilayah perumahan, tempat wisata seperti Ancol, Taman Mini, Ragunan, atau bahkan kepulauan seribu," paparnya siang itu.

Sebelumnya, Hanafi pernah meluncurkan becak listrik yang mampu berjalan hingga 60 km, di Jogjakarta, tahun 2014 lalu. "Waktu itu saya berharap becak listrik bisa diadopsi dalam kebijakan transportasi publik," kata Hanafi. Maraknya konversi becak tradisional  menjadi becak motor di Jogja, menurut Hanafi adalah masalah tersendiri. "Mereka [becak motor] minta dilegalkan, tapi ada problem lingkungan dan keamanan [penumpang]," kata Hanafi.

Lewat sumbangan becak listrik ke Pemprov DKI nanti, Hanafi berharap pemerintah akakn mengakomodasikannya ke dalam regulasi. "Kalau bisa, jangan ada becak motor di Jakarta," pungkas Hanafi.



Editor : Cavin R. Manuputty

Cavin Rubenstein M.
07-03-2018 18:14