Main Menu

PAN Buka Peluang Poros Ketiga

Cavin Rubenstein M.
07-03-2018 17:39

Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP PAN, Hanafi Rais. (Dok. DPR/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Partai Amanat Nasional (PAN) mengungkapkan bahwa ada peluang yang cukup besar untuk terbentuknya poros ke tiga dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 nanti.


"Sangat mungkin saja ada alternatif. Karena demokrasi akan semakin menarik bila ada banyak pilihan," kata Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP PAN, Hanafi Rais, saat ditemui Gatra.com, Rabu (7/3) siang, di Jakarta.

Akan tetapi, menurut Hanafi, yang paling penting sebenarnya adalah menetapkan isu yang akan diadvokasi oleh calon presiden dan wakilnya. Bukan sekadar membicarakan figur yang akan diusung. Sebagai contoh, ia menyebut ketetapan PAN mengusung Anies-Sandi di Jakarta karena melihat pasangan itu punya program kewirausahaan untuk warga Jakarta.

"Harusnya Parpol dorong lahirnya isu utama, bukam cuma mencari dan menetapkan figur," kata Hanafi. Pemikiran seperti itupun, lanjut Hanafi, akan diterapkan di Rakernas PAN Mei mendatang. Partai akan berdiskusi tentang isu yang akan diangkat terlebih dahulu. Baru setelahnya mencari sosok capres-cawapres yang bisa mengangkat isu tersebut.

Menurutnya, bila partai dan perpolitikan hanya membicarakan sosok dan bukan ide atau gagasan, maka tidak akan ada substansi. "Nanti yang dilihat cuma si calon pakai baju apa, atau hobinya apa. Bukan omongin rakyat," kata Hanafi.



Editor : Cavin R. Manuputty

Cavin Rubenstein M.
07-03-2018 17:39