Main Menu

ICMI Sodorkan Jimly Asshiddiqie sebagai Cawapres 

Ervan
08-03-2018 21:10

Ketua Umum ICMI Prof DR Jimly Asshiddiqie.(Dok.ICMI/RT)

Jakarta, Gatra.com- Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) tak.mau ketinggalan ikut mengusung kadernya dalam kontestasi Pilpres 2019 mendatang. ICMI menyodorkan nama Ketua Umumnya yakni Prof DR Jimly Asshiddiqie sebagai calon Wakil Presiden.

Menurut Wakil Ketua Umum ICMI Priyo Budi Santosoada tiga sosok yang dianggap layak menjadi pendamping Jokowi ke depan sebagai calon Wakil Presiden. Ketiga nama itu merupakan bagian dari pengurus ICMI saat ini.

Kriteria utama, Priyo mengatakan, yang pantas menjadi calon Wakil Presiden adalah Ketua Umum ICMI Prof DR Jimly Asshiddiqie. "Profesor Jimly itu selain mencitrakan Islam, juga berkualitas untuk bisa menutupi masalah konstitusi kebangsaan," ujar Priyo. 

Usulan Jimly dianggap dapat menjadi pendamping Jokowi, menurut Priyo, Ketua DKPP itu dinilai sebagai figur yang mampu menutupi serta menyelesaikan berbagai masalah kenegaraan, khususnya hukum dan ekonomi.

Sedangkan dua nama lain yang juga dianggap layak menjadi calon Wakil Presiden pada pilpres 2019 adalah Prof DR Mahfud MD dan Prof DR Din Syamsuddin. Diketahui, Mahfud MD saat ini menjabat Wakil Ketua Dewan Pakar ICMI dan Din Syamsuddin sebagai Penasehat Majelis Dialog Antar Agama dan Kebudayaan ICMI. "Kalau Mahfud MD cocok sebab tokoh yang berdiri di luar partai politik," ungkap politisi Golkar ini. 

Lainnya Priyo berpendapat, pada pilpres 2019 akan ada tiga kemungkinan yang muncul dari kontestan calon Presiden. Pertama, ada dua calon Presiden saling berkompetisi, lalu kedua adalah muncul tiga calon Presiden dan terakhir justru hanya calon Presiden tunggal.


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Nur Hidayat

Ervan
08-03-2018 21:10