Main Menu

Malaysia Siapkan 5000 Beasiswa untuk Pelajar Indonesia

Nur Hidayat
08-03-2018 11:39

Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Datuk Sri Zahrain Moh Hashim (GATRA/Ervan Bayu/nhi)

Jakarta, Gatra.com - Duta besar (Dubes) Malaysia untuk Indonesia, Datuk Sri Zahrain Mohammed Hashim mengatakan telah menyiapkan setidaknya 5.000 beasiswa untuk pelajar dan Mahasiswa Indonesia, yang ingin kuliah di negara tersebut. "Kita sudah menyiapkan sekitar 5.000 beasiswa untuk anak-anak Indonesia yang ingin kuliah di Malaysia dari segala jenjang pendidikan," ujar Zahrain.

Beasiswa tersebut, lanjut Zahrain, ditawarkan untuk universitas terbaik di Malaysia dari segala bidang studi, mulai dari ekonomi, politik, sosial dan lain-lain. “Indonesia adalah negara pertama yang mendapat peluang ribuan beasiswa dari kami,” kata Zahrain saat ditemui di Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta, Rabu sore (7/3).

Dalam pertemuan itu, Zahrian didampingi oleh Direktur Education Malaysia Global Services (EMGS) Indonesia, Dr Mior Harris dan Deputi EMGS Indonesia, Mohd Hidayat Mohd Sauffi. "5.000 beasiswa yang ditawarkan itu untuk program penuh, baik itu S1, S2 dan S3 dalam 300 disiplin atau program studi yang berbeda untuk 2018," kata Mior. Jenis dan persyaratan beasiswa, lanjut Mior terdiri dari dua macam, yakni beasiswa Merit dan Parsial (lihat tabel).

Penyelenggaraan pendidikan berskala international di Malaysia dikelola oleh EMGS yang merupakan lembaga dibawah Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia. Kini melalui Kedutaan Besar Malaysia, EMGS serta sejumlah universitas negeri dan swasta Malaysia juga menyelenggarakan pameran pendidikan. Setidaknya ada 29 universitas negeri, swasta dan juga internasional Malaysia yang akan mengikuti expo bertajuk Ayo Kuliah di Malaysia tersebut yang digelar pada komplek kantor Kedubes Malaysia, Kuningan, Jakarta, tanggal 10-11 Maret.

Adapun 29 universitas ini terdiri dari 8 universitas negeri, 20 universitas swasta dan 1 universitas internasional. "Dalam pameran ini pengunjung juga bisa melakukan pra-pendaftaran kepada universitas. Departemen Imigrasi Malaysia juga tersedia untuk konsultasi pemrosesan visa oleh universitas-universitas bagi tujuan pengeluaran sejumlah syarat secara cuma-cuma,” tutur Mior lagi.

Selain pendidikan, expo tersebut juga akan menampilkan artis Malaysia, promosi wisata oleh Tourism Malaysia, promosi perdagangan, games, food truck, serta undian berhadiah dua tiket penerbangan Jakarta-Kuala Lumpur Malaysia Airlines.

Jenis Beasiswa  Persyaratan 
Beasiswa Merit 
  • Nilai akademik yang cemerlang
  • Beasiswa S1 dilaksanakkan oleh universitas swasta
  • Deadline pengajuan tanggal 30 oktober 2018
  • Mendapat potongan biaya kuliah sebesar 80%-100%
 Beasiswa Parsial
  • Beasiswa dalam bentuk potongan biaya kuliah Untuk program S1, S2 dan S3 di Universitas negeri dan swasta
  • Pemilihan dan penempatan universitas akan ditentukan oleh institusi
  • Mendapat potongan biaya kuliah sebesar 10%-50%

 


Reporter: Nur Hidayat

Nur Hidayat
08-03-2018 11:39