Main Menu

Demokrat Dukung Upaya Pemerintah Berantas Hoax

Andhika Dinata
12-03-2018 07:46

Pidato politik AHY.(ANTARA/Arif Firmansyah/re1)

Bogor, Gatra.com- Stabilitas politik dan keamanan menjadi perhatian Agus Harimurti Yudhoyono dalam penutupan Rapimnas Partai Demokrat di SICC Bogor, Jawa Barat, Minggu malam (11/3). Pria yang kerap disapa AHY itu memberikan pidato politik selaku Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma). Dalam Rapimnas yang mengambil tema “Demokrat Siap” itu, AHY mengemukakan pandangannya terhadap pentingnya Pemerintah menjaga stabilitas dan keamanan publik.

 

Selain dari itu, pria yang pernah menjadi bagian dari pasukan Pemelihara Perdamaian PBB di Lebanon (UNIFIL) itu menyebutkan fenomena berita hoax atau kabar bohong juga ikut andil dalam memantik isu yang menggerus keamanan publik. “Stabilitas politik dan keamanan publik yang terjaga di era Pemerintah Presiden Jokowi patut dipertahankan. Namun bagaimanapun hadirnya pers yang independen, dengan pemberitaan yang berimbang sangat diperlukan demi tegaknya Demokrasi” ucapnya.

 

Dirinya menyebutkan bagaimana pers sangat berperan sebagai pilar demokrasi. Pers juga berperan sebagai kontrol sosial dan kebijakan. “Kita punya pengalaman buruk di masa lalu, sejumlah rezim pemerintah jatuh karena dinilai berlebihan dalam penggunaan kekuasaan, tanpa kontrol sosial yang memadai”.

 

AHY menjelaskan Partai Demokrat termasuk yang mendukung upaya Pemerintah dalam melakukan penindakan dan penertiban terhadap kejahatan yang berkembang di media sosial.“Tidak boleh ada yang melakukan praktik-praktik yang melampaui batas kepatutannya, seperti menebar berita palsu (hoax), fitnah, black campaign, termasuk ujaran kebencian atau hate speech. Ini bertentangan dengan prinsip demokrasi Pancasila,” tangkasnya.**



Reporter : Andhika Dinata

Andhika Dinata
12-03-2018 07:46