Main Menu

Ini Harapan Din Syamsudin soal Cawapres Jokowi

Hendri Firzani
14-03-2018 18:09

Din Syamsudin (GATRA/Arif Koes Hernawan/yus4)

Yogyakarta, Gatra.com - Menyikapi wacana calon wakil presiden untuk Presiden Joko Widodo dalam pilpres 2019, Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antar agama dan Peradaban Din Syamsudin menyambut baik munculnya sosok dari kalangan ulama, terutama mereka yang berasal dari luar Jawa karena menunjukkan kemajemukan Indonesia. 

 

“Jika memang nanti cawapres yang diusung berasal dari luar Jawa, ini seperti mengulang kepemimpinan Dwi Tunggal Soekarno-Hatta. Mereka melambangkan kemajemukkan Indonesia kepada dunia,” ujar Din Syamsudin di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Rabu (14/3). Din menghadiri Milad Akbar ke-54 Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) yang mengundang dirinya untuk menyampaikan pidato kebangsaan.

 

Menurut Din, selain mewakili kemajemukan, cawapres yang digandeng Jokowi nanti hendaknya bisa turut serta dalam memecahkan masalah bangsa yang semakin kompleks, seperti pergeseran kekuatan geopolitik dan budaya, yang akan menempatkan Asia Timur sebagai kawasan dunia yang terus tumbuh.

 

Din menyerahkan siapapun sosok cawapres kepada Jokowi dan menyerahkan sepenuhnya pada mekanisme yang berlaku. Namun, untuk menjawab tantangan dunia, kebersamaan yang erat antara presiden dan wakilnya jadi wajib hukumnya.

“Bisa saja ke depan, jika terpilih kembali, Jokowi akan mewujudkan Tritura-nya Bung Karno yang menempatkan kembali kedaulatan politik, mandiri dalam ekonomi, dan kepribadian dalam budaya karena masih relevan,” lanjutnya. Namun Din juga mengingatkan bahwa cawapres yang ideal untuk Jokowi juga tergantung niat dan komitmen partai politik pengusungnya.


Reporter: Arief Koes 

Editor: Mukhlison S Widodo

Hendri Firzani
14-03-2018 18:09