Main Menu

Gerindra Desak Jokowi Ambil Cuti Kampanye

Wem Fernandez
20-03-2018 16:56

Ahmad Riza Patria (GATRA/Wem Fernandez/FT02)

Jakarta, Gatra.com -Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria mendesak petahana Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengambil cuti kampanye selama proses pemilihan presiden berlangsung nanti. "Soal cuti kampanye bagi presiden, juga pilkada di Indonesia itu diatur dalam UU Pilkada dan UU pemilu, itu juga berlaku pada periode-periode sebelumnya," tegas Ahmad Riza,  di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, (20/3)

 

Hal ini menyusul keinginan partai pendukung Jokowi yang meminta agar presiden tak perlu mengambil cuti kampanye selama pilpres. Menurut Riza pada periode pemerintahan sebelumnya, baik Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), juga mengambil cuti jelang kampanye.  Dia mengklaim dalam UU Pemilu, juga diharuskan petahana mengambil cuti.

"Jadi kami minta semua pihak memahami, ini aturan dibuat untuk kepentingan semua, bukan hanya kepentingan presiden atau wakil presiden atau pasangan calon, tapi jauh yang lebih penting untuk kepentingan bangsa,"ujar Ahmad Riza. 

 

Menurutnya, harus ada keadilan dan kesetaraan dalam proses berdemokrasi. "Jadi pemilu yang adil itu harus mulai dengan kesetaraan dan keadilan," terang dia.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI ini menambahkan, jika tidak mengambil cuti kampanye, peluang menyalahgunakan jabatan itu selalu terbuka. Dulu, saat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok hendak maju di Pilkada DKI Jakarta juga diharuskan untuk mengambil cuti kampanye.

 

"Selama UU tidak berubah harus cuti kampanye ya digunakan untuk kepentingan kampanye jangan sebaliknya. Jam kerja, jam tugas dipakai untuk kepentingan kampanye jadi tidak boleh terbalik. Harus semua pada tempatnya semua pada aturannya," ujar dia. 


Reporter : Wem Fernandez

Editor: Hendri Firzani 

Wem Fernandez
20-03-2018 16:56