Main Menu

Dari Wapres JK Hingga Anies-Sandi Takziah Ke Rumah Probosutedjo

Hendri Firzani
26-03-2018 14:20

Titiek Soeharto berbincang dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat bertakziyah di kediaman Probosutedjo di Jl. Diponegoro No.20 Jakarta. (GATRA/Hendri Firzani/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Pengusaha nasional yang juga adik tiri Presiden kedua RI H.M Soeharto, Probosutedjo meninggal dunia pukul 07.00 tadi pagi (26/3), di RSCM, Jakarta. Sejumlah pejabat dan mantan pejabat datang bertakziah ke rumah duka di jalan Diponegoro no 20, Menteng, Jakarta Pusat. Wapres Jusuf Kalla menjadi pejabat tinggi negara pertama yang datang ke rumah Probosutedjo.  


Jusuf Kalla tiba sekitar pukul 10 pagi dan meninggalkan kediaman almarhum Probosutedjo pukul 11an. Kepada para wartawan,  Wapres JK sempat menyatakan kekagumannya pada sosok Probosutedjo, "Beliau pengusaha yang ulet. Banyak (yang bisa diambil pelajaran dari Probosutedjo) soal keteguhannya," ujar JK. 

 

Selain Wakil presiden Jusuf Kalla, hadir pula  Gubernur dan wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Anies yang datang terlebih dahulu, dan kemudian disusul Sandiaga, sempat mendoakan Probosutedjo sesaat setelah jasad Probosutedjo dimandikan di halaman belakang rumah duka.


Dari pantauan Gatra.com, puluhan kerabat Probosutedjo ikut hadir di rumah duka. Tampak putra putri HM Soeharto, seperti Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto, dan Bambang Trihatmodjo. Selain keluarga Pak Harto, juga hadir mantan wapres Try Sutrisno, dan mantan panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.


Jenazah Probosutedjo rencananya akan diberangkatkan ke Yogjakarta pada pukul 16.00 nanti sore. Beliau akan dimakamkan di makam keluarga di desa kelahirannya di Kemusuk, Bantul, Yogjakarta.


Menurut putri probosutedjo Rindang Sari Kurniwati Prabosudtejo atau akrab disapa Wati, ayahnya  sudah menderita sakit kanker thyroid sejak 20 tahun yang lalu. Kamis pekan lalu, kondisi Probosutedo menurun dan dirawat di RSCM, hingga akhirnya meninggal tadi pagi. "Setelah sekian lama berjuang (terhadap penyakit) akhirnya beliau berserah diri kepada Allah SWT, kami mohon doanya," ujar Wati, yang tampak sangat terpukul atas kepergian ayahnya.



Probosutedo merupakan adik seibu dari HM Soeharto yang lahir 1 Mei 1930, di Kemusuk, Yogjakarta. Sejak muda, Probosutedjo dikenal sebagai guru SMP di pematang siantar, Sumatera Utara. Setelah kembali ke Jakarta, dan menjadi pengusaha, jiwa pendidiknya tetap tak hilang. ia memelopori pendirian sejumlah perguruan tinggi. Diantaranya Institut pertanian Yogajakarta, Akademi Pariwisata dan Universitas Mercu Buana.



Editor: Hendri Firzani

 

 

 

Hendri Firzani
26-03-2018 14:20