Main Menu

Pemerintah Jaga Kebutuhan Pokok Tersedia dan Wajar

Anthony Djafar
27-03-2018 23:58

Wakil Presiden Jusuf Kalla (GATRA/Istimewa/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla mengatakan bahwa pemerintah menyediakan sejumlah kebutuhan bahan pokok yang ada dengan tetap memantau kestabilan harga yang wajar.


“Yang paling penting kebutuhan pokok tersedia dengan harga yang wajar,” kata Wapres kepada awak media menanggapi sejumlah bahan pokok merangkak naik menjelang puasa dan lebaran di kantor Wapres, Merdeka Utara, jakarta Pusat, Selasa (27/3).

Wapres menyebut bahwa ketidakstabilan harga-harga kebutuhan pokok itu biasanya dipengaruhi faktor ketersediaan barang tersebut dan juga cuaca yang tidak menentu.

“Harga-harga itu ada dua faktor (tidak stabil) yakni ketersediaan dan cuaca di musim hujan yang tidak menentu,” katanya.

Untuk itu sejumlah bahan pokok yang ada seperti beras, garam jika memang kurang pasokannya akan di minta impor, sedangkan jika berlebihan akan diekspor.

“Agar menjaga harga stabil yang sudah ditetapkan pemerintah jadi harga acuan 9 bahan pokok,” katanya.

Soal Bulog, Wapres mengatakan bahwa memag jika harga tinggi di pasaran maka Bulog tidak akan memberi barang dari petani, namun justru menjualnya. Sebaliknya kalu harga turun maka Buloh akan membeli.

“Itu memang hukumnya Bulog begitu. Jadi tugas utama Bulog itu menstabilkan stok dan harga sekaligus kalau harga tinggi ya dia (Bulog) jual, dia punya stok. Itulah kenapa dia (Bulog) harus punya stok minimum sejuta,” katanya.

Editor: Anthony Djafar

Anthony Djafar
27-03-2018 23:58