Main Menu

Komisi II DPR Kritik KPU Soal Pesawat Capres Petahana

Wem Fernandez
10-04-2018 13:42

Ahmad Riza Patria (GATRA/Wem Fernandez/FT02)

Jakarta, Gatra.com -Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) A.Riza Patria mengkritik kebijakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang membolehkan petahana Joko Widodo (Jokowi) menggunakan fasilitas kendaraan milik negara. Fasilitas tersebut antara lain mobil serta pesawat kepresiden.

Menurut Riza, kalau menggunakan mobil saja maka hal itu hal yang wajar, tetapi jika pesawat kepresidan maka lain soal. "Enggak dong, kalau mobil kepresidenan dibolehkan, kan itu melekat pada pengamanan. Tapi kalau pesawat kepresidenan itu tidak boleh," jelasnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, (10/4).

Bagi politisi Gerindra ini, pesawat bukanlah bagian dari pengamanan melekat. Sedangkan dalam UU dilarang menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan kampanye kecuali yang terikat dengan keamanan.

"Nah kemanan itu kan yang standar, mobil kepresidenan boleh. tetapi kalau pesawat kepresidenan tidak boleh karena itu bukan bagian dari pengamanan, itu failitas negara untuk memudahkan presiden dan bukan bagian dari pengamanan. Beda itu
jadi kita akan keberatan, dan akan memprotes," tegas dia. Komisi II DPR akan mengagendakan pemanggilan KPU untuk menanyakan hal ini.

Sebelumnya, Ketua KPU Arief Budiman menyebutkan, petahana presiden diizinkan untuk menggunakan fasilitas kendaraan milik negara seperti pesawat kepresidenan. Faktor keamanan menjadi alasan utama.

"Itu kan yang melekat. Kalau nanti menggunakan alat transportasi yang tidak terstandar pengamanannya, itu kan bisa berisiko," kata Arief di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (9/4).



Reporter : Wem Fernandez

Editor : Bernadetta Febriana

Wem Fernandez
10-04-2018 13:42