Main Menu

Jokowi Yakin Jembatan Holtekamp Jadi Tujuan Wisata Papua

Bernadetta Febriana
12-04-2018 14:02

Presiden Joko Widodo mengunjungi Jembatan Holtekamp didampingi menteri PU Basoeki Hadimoeljono (Dok humas pemkot jayapura/yus4)

 

Jayapura, Gatra.com - Presiden Joko Widodo melihat dari dekat Jembatan Holtekamp yang terletak di Hamadi, Kota Jayapura. Dua bentangan jembatan yang telah terangkat memiliki panjang 732 meter dengan tambahan bentangan jalan, kanan dan kiri jembatan sekitar 7800 meter. 



Jembatan yang diyakini menjadi jembatan terpanjang di Bumi Cenderawasih ini dipastikan akan menumbuhkan sejumlah titik ekonomi baru di Jayapura dan sekitarnya. 

"Jembatan ini juga memperpendek jalur dari Kota Jayapura ke Skouw, daerah perbatasan Papua Nugini dari sebelumnya dtempuh 2,5 jam menjadi  jam," kata Jokowi kepada wartawan, Kamis (12/04).

Jembatan Holtekamp juga diyakini Presiden Jokowi akan menjadi kawasan wisata baru di Kota Jayapura. 

"Jembatan ini akan menjadi tempat wisata yang indah dan mendatangkan devisa untuk Papua," ujarnya. 

Sedangkan Menteri PUPR, Basoeki Hadimoeljono menuturkan penyelesaian Jembatan Holtekamp tingal menunggu pembangunan jalan dari Skow, maupun dari Hamadi yang masng-masing dikerjakan oleh Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Kota Jayapura. 

"Kami sedang mendorong pembangunan jalan tersebut. Untuk Pemerintah Kota Jayapura jalan yang akan dibangun dari Hamadi ke jembatan tersebut sekitar 210 meter dan saat ini proyeknya sudah kontrak, tinggal menunggu dari pengerjaan jalan provinsi," kata Basoeki. 

Basoeki yakin pengerjaan jembatan akan diselesaikan pada akhir tahun 2018.


Reporter : Khatarina Lita

Editor : Bernadetta Febriana

Bernadetta Febriana
12-04-2018 14:02