Main Menu

Tanggapi Amien Rais, Cak Imin: PKB Partai Agamis, Bukan Partai Setan

Mukhlison Sri Widodo
14-04-2018 09:39

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di Yogyakarta. (GATRA/Arif Koes/FT02)

Yogyakarta, Gatra.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar merespon pernyataan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional sekaligus Ketua Penasihat Persaudaraan Alumni 212 Amien Rais yang membagi partai di Indonesia dalam dua jenis, yakni "partai Allah" dan "partai setan". 

 

Dalam ceramahnya di Jakarta, Jumat (13/4) pagi, Amien menyebut PAN bersama Gerindra dan PKS merupakan partai pembela agama yang melawan partai berisi orang-orang anti-Tuhan yang rugi dunia akhirat alias "partai setan".

Dimintai tanggapan usai menghadiri dialog "Kebudayaan adalah Panglima’’ di Kota Yogyakarta, Jumat (13/4), malam, Cak Imin tampak terdiam sejenak.

“Saya bingung harus menjawab apa terkait itu. Apanya yang mau dikomentari," kata dia dengan wajah serius.

Namun Cak Imin menampik dikotomi itu, apalagi jika ada anggapan partai pendukung pemerintah tidak ada yang berbasis agama.

Contohnya partai pimpinan Muhaimin sendiri. Ia bahkan menegaskan bahwa PKB adalah partai Islam terbesar di Indonesia.

"PKB itu partai agamis dan sangat kuat, bahkan menjadi partai Islam terbesar,” ujar Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat ini.

Cak Imin mengatakan ucapan Amien Rais tersebut sebagai hal biasa yang dilakukan elit politik menjelang pemilihan umum.

Ucapan itu ia yakin tidak akan mengganggu elektabilitas partainya.

“PKB kurang agamis apa coba jika dihubungkan dengan pernyataan itu dan kita sepenuhnya mendukung Presiden Joko Widodo sejak awal. (Ucapan Amien Rais) Itu biasa menyerang mau pemilu,” katanya.

Menurut Muhaimin, pernyataan Amien Rais tersebut tak menyurutkan dukungan PKB ke pemerintahan saat ini dan upaya dirinya menjadi calon wakil Presiden Jokowi dalam pemilihan presiden 2019.

Namun ia juga mengatakan masih terbuka dengan segala kemungkinan, meski belum ada pembicaraan dengan pihak Prabowo Subianto yang telah menyatakan diri  maju sebagai calon presiden 2019. 

“Deklarasi Prabowo Subianto sebagai calon presiden oleh Gerindra sangat bagus, saya ucapkan selamat. Ini akan menjadi bagian proses demokrasi yang sehat,” katanya.


Reporter : Arif Koes
Editor : Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
14-04-2018 09:39