Main Menu

Ini Penjelasan Facebook Indonesia Akan Kebocoran Akun di Tanah Air?

Birny Birdieni
17-04-2018 11:49

Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia, Ruben Hartari. (GATRA/Abdurachman/FT02)

Jakarta, Gatra.com- Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia, Ruben Hartari sampaikan permohonan maaf atas kebocoran data akun Facebook yang terjadi di Indonesia. Total akun bocor di Indonesia adalah 1.096.666 orang atau 1,26% dari total jumlah terdampak secara global.

 

Saat ini ada 114 juta masyarakat Indonesia yang mengakses Facebook satu kali dalam setiap bulannya. "Pengguna Indonesia sangat penting bagi kami," ujar Ruben dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi I DPR RI, Selasa (17/4).

 

Facebook Indonesia menyebut ada 758 ribu orang Indonesia telah memasang aplikasi "thisisyourdigitallife" terhitung dari November 2013 hingga 17 Desember 2015. Angka ini berarti sebanyak 0,25% total pemasang aplikasi di dunia.

 

"Kami terus berupaya untuk memahami apa yang sebenarnya terjadi dan mengidentifikasi langkah-langkah yang harus diambil untuk memastikan hal serupa tidak terjadi lagi," ungkap Ruben.

 

Ruben menjelaskan bahwa aplikasi "thisisyourdigitallife" dikembangkan oleh peneliti bernama Dr. Aleksandr Kogan tahun 2013. Dalam hal ini ia menegaskan kalau Dr. Kogan bukanlah karyawan Facebook namun akademisi di Cambridge University.

 

"Aplikasi ini menggunakan platform lewat Facebook Login yang memungkinkan pengembang aplikasi pihak ketiga meminta persetujuan dari pengguna aplikasi Facebook," ungkap Ruben menjelaskan.

 

Sehingga pihak ketiga bisa mengakses kategori data tertentu yang dibagikan pengguna Facebook kepada teman Facebook mereka. "Sesuai dengan privasi teman mereka," ia menambahkan.


Editor : Birny Birdieni

Birny Birdieni
17-04-2018 11:49