Main Menu

Kongres Advokat Indonesia Lantik 19 Jenderal (Purn) Polisi sebagai Pengacara

Nur Hidayat
30-04-2018 17:26

Para advokat yang dilantik KAI (Dok. GATRA/yus4)

Jakarta, Gatra.com - Kongres Advokat Indonesia (KAI) melantik 58 orang sebagai advokat di Jakarta, Senin (30/4). Sebanyak 19 orang diantaranya adalah Jenderal (Purnawirawan) Kepolisian RI. Perhelatan pelantikan sebagai pengacara ini dipimpin Presiden KAI, Tjoetjoe S. Hernanto, S.H.,MH, CLA, CLI,CIL, CRA dan Sekjen KAI, Aprilian Supalianto, SH. Kongres Advokat Indonesia. Dalam sambutannya, Tjoetjoe berharap para advokat menjunjung tinggi prinsip-prinsip hukum dan keadilan (rule of law), UU Advokat dan Kode Etik Advokat sebagai panduan dalam beraktifitas.

 

"Di tengah penegakan hukum yang masih lemah, para advokat harus menghindar dari praktek-praktek yang tidak terpuji," katanya. Karena itu ia mengingatkan akan pentingnya integritas dan moralitas seorang advokat. Khusus kepada para mantan jenderal polisi tersebut, Toetjoe berharap, "Setelah menjadi advokat, artinya sudah berada di luar lembaga kepolisian, agar memberikan masukan yang positif dan konstruktif bagi rekan-rekan kepolisian yang masih aktif untuk secara bersama-sama memperjuangkan negara hukum yang kita cita-citakan bersama," katanya lagi.

Tjoetjoe mengatakan kondisi yang masih menyedihkan dalam penegakan hukum serta keadilan dapat diperbaiki dengan bergabungnya para jenderal purnawirawan tersebut di KAI. Para petinggi (purnawiran) Polri tersebut diingatkan untuk turut serta memperjuangkan tegaknya negara hukum dan keadilan melalui wadah advokat yang bernama Kongres Advokat Indonesia.

Para mantan petinggi kepolisian yang dilantik diantaranya: Arief Dharmawan, SH.,M.Hum, Satria Firdaus Maseo, SH, Drs. Bambang Heru Wismoyo, SH, Drs. Martanto, SH.,MH, Drs Edy Sunarijanto, Setjo,, SH, Drs. H. Eldi Azwar, SH,MAP, Drs. Sumartono Jochanan, S.H.,MM, Drs. M Imam Djauhari, SH,MH, Drs. Musyafak, S.H.,MM dan lain-lain.

Dari beberapa Jenderal (purn) tersebut ada yang pernah menempati posisi-posisi penting di lembaga kepolisian seperti Kapolda dan sebagainya. Para petinggi KAI yang turut hadir dalam proses pengangkatan tersebut, selain Presiden KAI dan Sekjen ada Vice President Erman Umar, Vice President Luthfi Yazid, Bendahara Umum Aldwin Rahardian, Wakil Sekjen Hendry Indraguna dan lain-lain. Hadir juga beberapa advokat senior dari organisasi-organisasi advokat lain, dari Mahkamah Agung dan para tamu undangan. 


Editor: Nur Hidayat

Nur Hidayat
30-04-2018 17:26