Main Menu

Komisi III DPR: Akan Ada Lapas dan Rutan Baru Khusus Teroris

Putri Kartika Utami
19-05-2018 12:49

Lapas Pasir Purih, salah satu Lapas dengan keamanan maksimum. (GATRA/Ridlo Susanto/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Komisi III DPR RI tengah mengupayakan pembuatan lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan) baru khusus untuk kasus-kasus terorisme. Lapas baru khusus teroris akan dibuat di Nusa Kambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Sementara, rutan akan dibangun di Cikeas, Bogor.

“Kami akan buat lapas baru di Nusa Kambangan. Rutan khusus akan dibuat di Cikeas,” kata Anggota Komisi III DPR RI, Arteria Dahlan pada sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu (19/5).

Wacana ini mencuat pasca pemindahan seluruh narapidana teroris (napiter) dari rutan Mako Brimob ke lapas Nusa Kambangan. Ternyata, dari 150-an napiter yang dialihkan ke Nusa Kambangan, hanya 88 napiter tertampung di lapas khusus teroris. Sisanya digabungkan bersama narapidana kasus kejahatan lain yang tingkat keamanannya tidak maksimum.

“Yang 155 (dipindah) ternyata yang tertampung hanya 88 orang. Sisianya digabungkan di lapas-lapas umum yang tidak maksimim keamanannya,"kata Arteria.

Selain tingkat keamanan lapas, ada masalah lain jika napiter digabung dengan narapidana lain. Arteria khawatir napiter akan menularkan paham radikal kepada tahanan lainnya.

“Bagaimana ini nanti yang tidak teroris digabung dengan mereka? Dengar ceritanya bisa menular,” ujar politisi PDI-P tersebut.


Reporter : Putri Kartika Utami

Editor : Bernadetta Febriana

Putri Kartika Utami
19-05-2018 12:49