Main Menu

Jelang Mudik Lebaran 2018, Perbaikan Jalur Lintas Selatan Jateng - Jabar Dikebut

Hendri Firzani
30-05-2018 16:35

Jalur alternatif Jalan Lintas Selatan (JLS) Jawa disiapkan untuk mengantisipasi kemacetan. (GATRA/Ridlo Susanto/FT02)

Banyumas, Gatra.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) mempercepat perbaikan Jalan Nasional Lintas Selatan (JLS) Jawa Tengah ruas perbatasan Jawa Barat mulai Kabupaten Banyumas hingga Cilacap perbatasan Kota Banjar, Jawa Barat. Saat musim mudik dan libur lebaran dipastikan, ruas jalan lintas selatan Jawa sudah bisa dilewati tanpa masalah lagi.  

 

Koordinator Lapangan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Wangon-Perbatasan Jawa Barat, Pujiono mengatakan pihaknya saat ini sudah menyelesaikan penambalan jalan di jalan nasional lintas selatan antara Kilometer 34 di Wangon Kabupaten Banyumas hingga Kilometer 107 Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap perbatasan Jawa Barat.

“Lubang yang terdapat di jalan dari Wangon Kilometer 34 hingga 107, Insyallah sudah bagus. Terus marka-marka ini sedang kita persiapkan,”katanya, Rabu (30/5). Dia menjamin, saat ini JLS Jateng perbatasan Jabar hingga Wangon, Banyumas sudah bebas lubang dan aman dilalui oleh pengendara, termasuk pada pemudik lebaran 2018 nanti.

Namun, untuk menjamin keamanan jalanan, pihaknya tetap menyiagakan petugas untuk terus memantau kondisi jalan agar pada arus mudik hingga balik lebaran 2018 bisa lancar dan aman.

Saat ini, kata dia, PPK Bina Marga tengah mempersiapkan fasilitas pendukung jalan lainnya, seperti marka jalan dan patok pembatas jalan. Marka dan patok pembatas jalan akan dicat ulang dan diperbaiki jika ada yang rusak untuk membantu pemudik melalui jalur ini dengan aman.

“Sementara ini, mungkin patok-patok pengarah kita tandai agar lebih terang. Kemudian, marka jalan itu paling tidak juga harus (cat ulang),” ujarnya.

Pujiono mengemukakan, pekerjaan yang berada di badan jalan kini sudah selesai, kecuali pengecatan ulang garis marka. Namun, pengerjaan marka ini tak akan memakan waktu yang lama. Dia menjamin pada H-10 lebaran seluruh pekerjaan sudah selesai.

Di luar pekerjaan ini, proyek perbaikan jembatan juga sedang dilakukan. Namun, perbaikan bukan pada badan jembatan, melainkan pada pondasinya. Dengan demikian proyek tak akan menganggu arus mudik. Dipastikan perbaikan pondasi jembatan juga bisa diselesaikan pada H-10 lebaran mendatang, atau sekitar 5 Juni 2018.

"Kalau lubang-lubang itu sih sudah cukup bagus. Artinya sudah tidak ada pekerjaan di dalam aspalnya ya. Tetapi kalau mulus seperti dilapisi aspal lagi (ya tidak mungkin). Tapi kan yang jelas sudah aman,” tambahnya.


 

Reporter: Ridlo K Susanto

Editor: Hendri Firzani 

Hendri Firzani
30-05-2018 16:35