Main Menu

Kemkominfo Buka Tenda Publik Untuk Melayani Pemudik

Muchammad Egi Fadliansyah
13-06-2018 04:09

Dirjen IKP Kemkominfo Rosarita Niken Widiastuti (Tengah). (Dok.Kominfo/RT)

Jakarta, Gatra.com -- Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kemkominfo) Rosarita Niken Widiastuti mengatakan, Program “Mudik Guyub Rukun, Aman dan Nyaman” terselenggara secara baik berkat sinergi dan kerjasama yang baik antarkementerian, lembaga negara, dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sehingga manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

Niken menjelaskan hal itu pada acara Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (Dismed FMB9) kali ini,yang kali ini digelar di Pelabuhan Merak. Sebelumnya, dilaksanakan di Kantor Kemkominfo, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta. “FMB 9 merupakan forum pers briefing yang diselenggarakan oleh Kemkominfo secara rutin setiap satu minggu sekali dengan mengangkat tema yang sedang update,” katanya di Kantor ASDP Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (12/06/2018).

Turut hadir sebagai narasumber FMB9 kali ini antara lain Deputi I Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Dharmawan Prasodjo, Kepala Sub Direktorat Angkutan Orang Kemenhub Syafrin Liputo, Karo Ops polda Banten Kombes Pol Hermansyah, GM Marketing Operation Region III Pertamina Erry Widiastono, dan Direktur Utama Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Ira Puspadewi.

Dalam rangka menyambut moment akbar Hari Raya Idul Fitri tahun 2018 ini, sejumlah kementerian dan lembaga negara serta BUMN bersinergi bersama  memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang melakukan mudik.

“Pemerintah serius memberikan sarana dan prasarana terbaik selama masa arus mudik dan arus balik selama perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Seluruh kementerian dan lembaga negara memberikan pelayanan sesuai dengan tupoksi masing-masing,” ujar Niken.

Salah satunya, seperti mengendalikan harga-harga sembako hinga relatif terkendali. Selanjutnya, dilakukan pengaturan sarana transportasi dengan baik, sehingga bisa terselenggara dengan lancar, aman dan nyaman.

“Tak dapat disangkal, dengan adanya sarana yang terus meningkat, seperti jalan tol dan lainnya, membuat para pemudik bisa nyaman dan aman saat melakukan arus mudik maupun arus balik,” jelasnya.

Terkait keamanan, Niken mengungkapkan, berdasarkan data pihak Kepolisian, kecelakaan lalu lintas (lakalantas) turun hinga 50 persen. Sedangkan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaksanakan mudik gratis dan memberikan fasilitas kepada para pemudik sepeda motor.

“Para pemudik sepeda motor diantarkan langsung ke wilayah masing-masing, bekerjasama dengan kementerian BUMN dan instansi lainnya dengan memberikan sarana bus dan pengangkutan sepeda motor para pemudik,” katanya.

Dengan adanya fasilitas yang ditingkatkan seperti itu, Niken memprediksi bahwa pada tahun ini, jumlah pengendara sepeda motor turun hingga 12%. Sedangkan pengguna transportasi udara meningkat 9%.

Ini artinya pertumbuhan ekonomi masyarakat semakin meningkat. "Karena yang dulunya para pemudik banyak yang menggunakan jalur darat dan laut, untuk tahun ini banyak para pemudik yang menggunakan pesawat udara sehingga data pemudik pengguna jalur udara lebih meningkat dari tahun sebelumnya,” ucapnya.

Sementara itu, dalam program Mudik Guyub dan Rukun kali ini,  pihak Kemkominfo membuka tenda publik yang tersebar di 9 kota di Indonesia. Salah satunya termasuk di Merak, Banten.

“Tenda Publik Kemkominfo memberikan layanan informasi untuk masyarakat pemudik terkait layanan mudik dan arus balik hingga informasi seputar penyelenggaraan Asian Games. Kominfo juga menyiapkan Ayo Mmudik yang bisa diakses oleh masyarakat di ayomudik.go.id,” katanya lagi.


Reporter: M Egi Fadliansyah

Editor: Aries Kelana

 

Muchammad Egi Fadliansyah
13-06-2018 04:09